STIKOM Bali dan UPN Veteran Surabaya Sambangi BRIN Sodorkan Proposal Kerjasama




Logo Stikom Bali
Logo Stikom Bali (KalderaNews/Ist)

SUBANG, KalderaNews.com – Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali dan UPN Veteran Surabaya melakukan audiensi ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Teknologi Tepat Guna (PRTTG) pada Kamis, 10 Maret 2022.

Audiensi ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan dan ketertarikan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali dan mitra (UPN Veteran Surabaya) untuk mendapat informasi terkait mekanisme pengajuan Program Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR) BRIN dan potensi yang mungkin dilakukan.

Direktur Pengembangan Inovasi, HKI, Inovasi Bisnis dan Teknologi Budaya STIKOM, Candra Ahmadi menngatakan melalui audiensi ini nantinya akan bisa digali apa saja yang bisa dikerjasamakan, menyangkut potensi dan peluang.

BACA JUGA:

“Pada prinsipnya STIKOM ingin berkolaborasi dengan PRTTG. Hari ini kami disampaikan empat buah proposal yang diinisiasi STIKOM terkait PPBR tersebut,” ujarnya.

Keempat proposal tersebut, disebutkannya, terkait budidaya propolis madu trigona (Evi Triandini), aplikasi Software as A Service (Indra Raditya), technology ugmented reality (Bagus Sabda) dan teknologi tepung telur alami (Sugiarto).

Koordinator Layanan Kerja Sama BRIN Kawasan Jabar I, Rutriana Meilisa mengatakan PPBR merupakan sebuah program baru di Kedeputian Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN dengan pendanaan riset pro. Di dalamnya ada persyaratan, ketentuan dan pembatasan.

“PPBR mensyaratkan adanya pemanfaatan hasil riset BRIN oleh start up, industri, perusahaan, atau UMKM. Kerja sama pemanfaatan hasil riset oleh start up (mitra), bisa dilakukan dalam dua bentuk kerja sama riset dan kerja sama lisensi,” paparnya.

“Kerja sama yang dapat dibangun dengan Perguruan Tinggi, misalnya dalam bentuk kerja sama riset, pendanaan bersama, penggunaan fasilitas infrastruktur, publikasi, dan lainnya” terangnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*