Anak Gaul Kudu Paham, Perbedaan Cuaca dan Iklim

Hujan di Kota Jakarta
Hujan di Kota Jakarta (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Istilah cuaca memang telah lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Saat bepergian atau ingin mengadakan sebuah acara outdoor , kita pasti akan memperhatikan cuaca. Sebenarnya, apakah cuaca dan apa bedanya dengan iklim?

Cuaca dapat berubah-ubah dalam waktu singkat yaitu hanya beberapa jam saja dan ditandai dengan perbedaan siang serta malam. Cuaca terjadi karena perbedaan suhu dan kelembapan udara yang terjadi antara suatu tempat dengan tempat lainnya.

BACA JUGA:

Sehingga dapat dikatakan cuaca adalah kondisi atau keadaan udaya yang terjadi di suatu daerah atau wilayah dalam periode waktu tertentu. Ilmu yang digunakan untuk mempelajarai tentang cuaca adalah meteorologi. Di Indonesia terdapat lembaga yang khusus mengamati cuaca yaitu Badan Meteorologi., Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang berpusat di Jakarta.

BMKG bertugas untuk mencatat dan mengamati aktivitas udara, yang meliputi suhu dan tekanan udara, curah hujan, angina serta aktivitas awan. Selain berpusat di Jakarta, BMKG juga memiliki stasiun-stasiun pemantau cuaca yang tersebat di seluruh wilayah Indonesia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*