Cara Ampuh Terhindar Berita Hoaks yang Makin Marak, Pelajar Wajib Tahu

Berita hoaks. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kebebasan internet dan perkembangan teknologi membuat semua orang mudah mendapatkan informasi. Sayangnya, informasi yang beredar tersebut tidak selalu yang benar. Berita palsu atau hoaks bisa menyebar dengan mudah tanpa bisa dikendalikan.

Berita hoaks ini dapat merugikan kita sebagai bagian dari pengguna internet dan teknologi. Ini cara yang dapat kita lakukan agar tidak terjebak dalam berita hoaks.

BACA JUGA:

Temukan sumber informasi

Saat mendapatkan sebuah informasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa dari mana informasi tersebut berasal. Tahapan ini sangat diperlukan untuk menyaring apakah sumber informasi tersebut bisa dipercaya. Sumber informasi yang bisa dipercaya misalnya situs resmi organisasi atai portal berita.

Cek fakta

Setiap informasi yang diterima baik berupa video, teks atau suara berisi fakta tertentu yang bisa diverifikasi kebenarannya pada sumber lain. Kita dapat menggunakan mesin pencari untuk mengecek nama, tanggal, lokadi dan informasi lainnya.

Jika setelah ditelusuri ada dua referensi yang menunjukkan informasi tersebut tidak akurat, bisa jadi informasi tersebut memang tidak benar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*