Waspada Hoaks Jelang Pemilu! Dari Waktu ke Waktu Terus Meningkat Signifikan

Kajian Hoaks Komite Litbang Mafindo bertema “Mapping 2022, Tipologi Hoaks Pemilu dan Tri Wulan Hoaks 2023” di Jakarta, pada Rabu, 3 Mei 2023 (KalderaNews/Dok. Panitia)
Kajian Hoaks Komite Litbang Mafindo bertema “Mapping 2022, Tipologi Hoaks Pemilu dan Tri Wulan Hoaks 2023” di Jakarta, pada Rabu, 3 Mei 2023 (KalderaNews/Dok. Panitia)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Komite Litbang Mafindo melakukan kajian terkait hoaks diantaranya adalah tipologi hoaks pemilu 2019, publikasi dan penjelasan pola hoaks 2022, dan rilis data hoaks triwulan 2023 (Januari-Maret 2023). Acara bertema “Mapping 2022, Tipologi Hoaks Pemilu dan Tri Wulan Hoaks 2023”  dihelat di Jakarta, pada Rabu, 3 Mei 2023

Diketahui,  Mafindo adalah komunitas yang bukan hanya fokus pada kegiatan cek fakta dan kegiatan literasi digital ke masyarakat, tetapi juga melakukan kajian dan penelitian terkait hoaks. Sejak 2018, Komite Litbang Mafindo melakukan kajian hoaks dan merilis data seputar hoaks yang terdiri dari hoaks general dan hoaks politik. 

Hadir selaku narasumber yakni Tim Penelitian dan Pengembangan Mafindo, Nuril Hidayah (Pemetaan Hoaks 2022), Finsensius Yuli Purnama (Tipologi Hoaks Pemilu 2019) dan Linda Salma Angreany (Pemetaan Hoaks Triwulan 2023). Acara dihadiri Anita Wahid sebagai pemantik diskusi sekaligus penanggap.

BACA JUGA:

Acara secara online ini diikuti komunitas, organisasi, jurnalis, akademisi, dan institusi lainnya, sepetti anggota Koalisi Cek Fakta, Anggota Koalisi Pemilu Damai, Anggota Koalisi Moderasi Konten, Lembaga Penyelenggara Pemilu, IFES, USAID, UNESCO, UNICEF, Pusad Paramadina, dan Stakeholder lainnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*