Sejarah Piala Thomas dan Uber, Kamu Harus Tahu

Ilustrasi: Olahraga bulu tangkis. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tahun ini, Indonesia harus menelan pil pahit kekalahan tim Indonesia dalam perhelatan Piala Thomas dan Uber. Seluruh dunia tahu bahwa Piala Thomas dan Uber merupakan salah satu kejuaraan bulu tangkis beregu yang sangat bergengsi.

Piala Thomas merupakan lambang supremasi bulu tangkis beregu putra, dan piala Uber untuk tim beregu putri. Siapakah sebenarnya nama Thomas yang dipakai dalam kejuaraan  ini?

BACA JUGA:

Piala Thomas atau World Men’s Team Championships pertama kali digelar tahun 1949. Nama piala Thomas ini diambil dari nama pendiri sekaligus presiden pertama Federasi Bulu Tangis International (IBF), Sir George Alan Thomas. IBF sendiri sekarang telah berganti nama menjadi BWF.

Sir George Alan Thomas merupakan pemain tenis, bulu tangkis, dan catur. Ia menjuarai All England sebanyak 21 kali. Pada tahun 1939 ia mengusulkan ide tentang kejuaraan bulu tangkis beregu putra. Namun ide ini gagal terlaksana karena pecahnya Perang Dunia ke-2.

Tahun 1946, hasil rapat dewan memutuskan untuk menggelar kejuaraan tersebut pada tahun 1948-1949. Pertandingan pertama Piala Thomas dilangsungkan di Preston, Inggris dengan tiga tim peserta yaitu Malaya (sekarang Malaysia), Amerika Serikat dan Denmark.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*