3 Cara Ampuh Belajar Tanpa Begadang yang Gen Z Harus Tahu

Ilustrasi mahasiswa belajar (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mahasiswa belajar (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Sebagai pelajar dan mahasiswa, belajar hingga larut malam bahkan dini hari memang tampak menyenangkan dan umum dilakukan. Padahal, begadang terlalu sering juga dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh kita.

Kita bisa berdalih bahwa kita merupakan orang yang tipe night owl atau orang yang belajar dan beraktivitas di malam hari. Padahal sebenarnya itu hanya masalah manajemen waktu saja. Bila kita mau mengubah kebiasaan tersebut, kita pasti bisa.

BACA JUGA:

Satu hari terdapat 24 jam, bila kita tidur selama 8 jam, maka kita punya 16 jam untuk melakukan beragam aktivitas secara normal. 16 jam itulah yang harus kita manfaatkan dengan baik. Berikut ini tiga cara ampuh yang harus kita lakukan untuk menghindari belajar tanpa begadang.

Komitmen

Komitmen dengan diri sendiri merupakan hal yang penting untuk mengubah dan membangun kebiasan yang baru. Pastikan kamu berkomitmen terlebih dahulu dengan diri sendiri dan jagalah komitmen itu dengan kuat.

Self-rule

Aturan ini kita buat sendiri dan kita taati sendiri. Berikan reward bila kamu berhasil secara teratur menaatinya serta berikan juga punishment bila kamu tidak berhasil. Misalnya pukul 5 pagi kamu harus sudah bangun dan mulai beraktivitas, jangan kembali tidur atau main HP. Cara sederhana ini bisa menjadi kebiasaan bila kamu lakukan dengan teratur.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*