UMY Gelar Event Entrepreneur Day, Dimeriahkan Kampus Swasta Lainnya dan CEO Kuliner Terkenal di Yogyakarta




Gedung Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Gedung Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KalderaNews/IsT)

YOGYAKARTA, Kalderanews.com – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali melalui Laboratorium Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) tahun ini menggelar kembali event Entrepreneur Day selama dua hari.

Acara tersebut diadakan pada Rabu dan Kamis (22-23 Juni 2022) yang bertempat di selasar Sportorium UMY.

Adapun kegiatan Entrepreneur Day dari FEB UMY ini merupakan rangkaian kegiatan praktikum perencanaan bisnis semester genap TA 2021/2022.

BACA JUGA:

Acara tersebut menurut Kaprodi Manajemen UMY, Dr. Rr. Sri Handari mempunyai tujuan untuk menguji softskill kewirausahaan mahasiswa FEB.

Kegiatan Entrepreneur Day di UMY pertama kali diadakan pada tahun 2019, dimana mulanya, kegiatan ini akan diadakan rutin setiap tahunnya namun dikarenakan pandemi Covid-19 kegiatan ditunda selama 2 tahun dan baru kembali terlaksana saat ini.

Dalam pelaksanaannya kemarin, setidaknya ada 120 stand mahasiswa yang berpartisipasi, mulai dari produk kuliner hingga produk sandang dijajakan mahasiswa FEB UMY.

Dekan FEB UMY, Prof. Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Ph.D., Ak., CA., CRP, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan Entrepreneur Day ini.

“Kita bisa katakan bahwa ini adalah kegiatan pertama dari FEB UMY yang cukup masif yang tak hanya melibatkan internal saja, tetapi juga diikuti oleh kalangan umum di masa pandemi seperti saat ini,” terangnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini memiliki nilai strategis untuk memupuk jiwa kewirausahaan. Tak hanya itu, ia menambahkan bahwa untuk menjadi negara maju jumlah wirausaha di suatu negara sangat mempengaruhi.

“Di Indonesia saat ini, rasio wirausaha hanya 3,47% dari jumlah penduduk. Sementara itu untuk menjadi negara maju, kita perlu memiliki rasio 14% wirausaha dari jumlah penduduk. Kita tertinggal dari Thailand yang memiliki 4,8% dan Malaysia 4,27%,” imbuhnya.

Entrepreneur Day kali ini juga turut dimeriahkan stand wirausaha dari mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Aisyiah dan kegiatan ini juga dibuat sedemikian menarik, dimana para pengunjung bisa menikmati hiburan musik serta undian berhadiah.

Arif Marzuki owner Mase Coffee Lab dan Jody Broto Suseno CEO & Founder Waroeng Steak juga hadir sebagai pembicara dalam talkshow Entrepreneur Day. Jody berpesan kepada mahasiswa agar tidak pernah lelah dalam merintis usaha.

*Jika artikel ini bermanfaat silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*