Jadi Raja Inggris, Saat Sekolah Pangeran Charles Dikenal Sebagai Murid yang Pintar




Pangeran Charles
Pangeran Charles (Foto:AP)

BALMORAL, KalderaNews.com – Dengan wafatnya Pemimpin Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II pada usia 96 tahun pada Kamis malam, 8 September 2020, putra sulungnya Charles (73) otomatis menjadi Raja Inggris Raya sekaligus kepala negara 14 negara lain, termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

“Kematian ibuku tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya,” tulis pernyataan resmi Charles dikutip dari Twitter Royal Family, Jumat, 9 September 2022.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai,” katanya.

BACA JUGA:

“Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Alam dan Persemakmuran dan oleh banyak orang di seluruh dunia,” tutur Charles.

“Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga saya akan dihibur dan ditopang oleh pengetahuan kami tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam di mana Ratu dipegang secara luas.”

Charles III (Charles Philip Arthur George) lahir pada 14 November 1948 sebagai anak tertua dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Sebagai pewaris tetap tahta Britania Raya, Charles dianugerahi gelar Pangeran Wales.

Pangeran Charles menikah dengan Putri Diana pada 29 Juli di Katedral Santo Paul. Dari pernikahannya dengan Diana, Charles memiliki dua orang putra yakni William Arthur (lahir 1982) dan Henry Charles (nama panggilan “Harry”) lahir 1984.

Lantas seperti apa latar belakang pendidikan Raja Inggris Raya ini? Dikabarkan Pangeran Charles sempat berpindah-pindah sekolah ketika ia masih kecil.

Pangeran Charles bersama almarhum istrinya Putri Diana, Pangeran Harry dan Pangeran William
Pangeran Charles bersama almarhum istrinya Putri Diana, Pangeran Harry dan Pangeran William (Foto: dok. @princeharryofengland/Instagram)

Ia pernah bersekolah di Hill House School di London bagian barat tanpa menerima perlakuan khusus dari kepala sekolahnya, kemudian pindah ke sekolah ayahnya dulu di Cheam Preparatory School, Berkshire, dan akhirnya pindah ke Gordonstoun, sebelah timur laut Skotlandia.

Selama studinya di Gordonstoun, ia juga menuntut ilmu di Australia. Charles dikenal sebagai murid yang pintar. Ia mendapatkan nilai A untuk mata pelajaran Sejarah dan Bahasa Prancis di sekolahnya.

Tahun 1967-1970, Pangeran Charles melanjutkan studinya di Trinity College, bagian dari Universitas Cambridge dengan spesialisasi antropologi, arkeologi, dan sejarah.

Ia dikenal aktif di kegiatan kampus, salah satunya di klub polo. Pangeran Wales ini lulus dari Trinity College pada 1970 dengan gelar Sarjana Seni.

Kelulusannya ini membuat Pangeran Charles menjadi anggota keluarga kerajaan ke-3 yang mendapat gelar sarjana.

Setelah dari Trinity College, Pangeran Charles melanjutkan studinya ke jenjang Magister di Universitas Cambridge. Ia juga belajar bahasa dan sejarah Wales di Universitas Wales, Aberystwyth.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*