Fenomena Menarik Setiap 3 November, Tengah Hari Datang Lebih Cepat, Ini Dampaknya

Fenomena siang lebih panjang. (Ist.)
Fenomena siang lebih panjang. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada 3 November 2022, ada fenomena menarik. Fenomena ini jatuh setiap 3 November, di mana tengah hari akan datang lebih cepat dari biasa.

Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanuddin menerangkan bahwa saban 3 November, siang hari akan terjadi lebih panjang dari hari lainnya.

Hal ini lantaran nilai perata waktu yang lebih besar atau lebih positif, sehingga matahari akan berkulminasi atau tepat di atas khatulistiwa lebih awal daripada hari-hari biasanya dalam satu tahun.

BACA JUGA:

Perata waktu adalah selisih antara waktu matahari sejati dengan waktu matahari rata-rata. Yang dimaksud waktu matahari adalah waktu yang diukur berdasarkan gerak semu harian matahari sebenarnya.

Sedangkan waktu matahari merupakan waktu yang diukur berdasarkan gerak semu harian Matahari rata-rata, yakni tepat 24 jam.

Nah, perata waktu dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu deklinasi matahari dan kelonjongan orbit bumi.

Deklinasi merupakan sudut yang dibentuk antara ekuator langit (proyeksi ekuator Bumi pada bola langit) dengan ekliptika (lintasan edar bumi mengelilingi matahari).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*