G20 Memberi Ruang Kontribusi bagi Generasi Muda

Maudy Ayunda, Juru Bicara G20. (Dok.Kominfo)
Maudy Ayunda, Juru Bicara G20. (Dok.Kominfo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – G20 merupakan forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). Organisasi berskala internasional ini didirikan pada tahun 1999 dengan tidak memiliki pemimpin yang tetap, namun kepemimpinannya dijalankan sesuai presidensi yang dipegang satu negara selama satu tahun dan Ketua G20 tahun 2022 dipegang oleh Joko Widodo selaku Presiden Indonesia.

Pertemuan Ke-17 KTT G20 berlangsung 15-16 November 2022 di Bali, yang dikenal juga dengan julukan Pulau Seribu Pura dan Pulau Dewata. Bali menjadi tempat berlangsungnya puncak KTT G20 yang mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Pada KTT G20 kali ini, para kepala negara anggota G20 berkumpul bersama untuk membahas tiga isu prioritas yaitu transformasi digital, arsitektur kesehatan global, dan transisi energi.

Hal yang menarik di sini adalah penggunaan kendaraan listrik sebagai transportasi selama G20 berlangsung, sekaligus telah mendukung salah satu prioritas G20, yaitu transisi energi guna menyelamatkan dunia dari isu pemanasan global.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*