Gempa 5.3 Magnitudo Guncang Lampung, Waspadai Gempa Susulan

Gempabumi guncang Lampung
Gempabumi guncang Lampung (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengabarkan Gempabumi Magnitudo 5.3 mengguncang Lampung pada Senin, 19 Desember 2022 pukul 12:50:14 WIB

Lokasi gempa berada di 47 km Barat Daya Tanggasmus Lampung. Meski tidak berpotensi tsunami, BMKG menyarankan masyarakat untuk tetap hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

BACA JUGA:

Gempa dirasakan (Skala MMI) di II Tanggamus hingga II Pesisir Barat.

Info Gempa Mag:5.3, 19-Des-22 12:50:14 WIB, Lok:5.71 LS, 104.32 BT (47 km BaratDaya TANGGAMUS-LAMPUNG), Kedlmn:99 Km #BMKG

BMKG Stasiun Geofisika Kota Bumi mencatat terjadi 23 gempa bumi tektonik di Lampung selama 1-19 Desember 2022 sebelum gempa 5.3 M ini.

Gempa yang memiliki episentrum titik pusat gempa di darat diakibatkan adanya pergerakan pada patahan atau sesar Sumatra, yakni pada segmen Komering dan segmen Semangko.

Diketahui, sesar Sumatra adalah patahan yang memotong Pulau Sumatra dari ujung barat di Aceh hingga Lampung. Sesar ini membentang di sepanjang sisi barat Pulau Sumatra. Salah satu sesar minor yang sangat aktif adalah Sesar Tarahan yang panjangnya berada di Lampung,” katanya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*