KKN-PPM UMBY Sosialisasikan Pemanfaatan Kotoran Ternak dan Pelepah Pisang Sebagai Pupuk Organik

Kelompok 16 KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta di Padukuhan Ploso, Kalurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Kelompok 16 KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta di Padukuhan Ploso, Kalurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (KalderaNews/Nafrah Africhillia)
Sharing for Empowerment

GUNUNG KIDUL, KalderaNews.com – Kelompok 16 KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta menggelar kegiatan sosialisasi pemanfaatan kotoran ternak dan pelepah pisang sebagai pupuk organik bersama warga di Padukuhan Ploso, Kalurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan sosialisasi berlangsung selama 4 hari dengan pembagian tahap kegiatannya per 2 RT yang dimulai pada Senin, 30 Januari-3 Februari 2023.

Pengelompokan per 2 RT ini bertujuan untuk memaksimalkan proses penyampaian materi dan supaya sosialisasi yang disampaikan lebih spesifik.

BACA JUGA:

Mengingat sebagian besar warga Ploso bermata pencaharian sebagai petani, pupuk menjadi salah satu kebutuhan penting petani untuk tanaman mereka.

Warga Padukuhan Ploso mengakui bahwa selama ini penggunaan pupun non-organik masif digunakan, sehingga tidak bisa dipungkiri mengakibatkan penurunan kualitas tanah akibat zat yang terkandung dalam pupuk non-organik membunuh zat hara tanah.

Selain itu, selama ini penggunaan kotoran ternak sebagai pupuk yang dilakukan oleh para petani ternyata juga tidak melalui proses fermentasi yang baik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*