Maria Oggay Perempuan Berusia 106 Tahun  Terpilih Jadi Model Sampul Majalah Vogue

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews — Maria Oggay yang lebih dikenal dengan nama Whang Od akan muncul sebagai model sampul majalah Vogue Filipina edisi April.

Penampilan perempuan berusia 106 tahun ini menjadi sejarah bagi Vogue. Ia orang tertua yang pernah jadi gambar sampul majalah itu.

Dikutip dari CNN, Whang Od adalah pekerja seni rajah kulit atau tato tradisional Filipina. Ia sudah menekuninya sejak usia belasan. Ayahnya menjadi mentornya langsung.

Ia bermukim di desa pegunungan Buscalan, provinsi Kalinga, sekitar 15 jam dari Manila. Dia dipandang sebagai orang tertua di Kalinga yang menekuni profesi sebagai mambabatok, sebutan untuk pekerja seni tato tradisional Kalinga.

BACA JUGA:

Acap kali Whang Od membuat tato hanya dengan menggunakan batang bambu, duri dari pohon pomelo, air dan arang yang dihasilkan oleh para kesatria suku Butbut.
Sekarang, pengunjung internasional yang mencari desain geometris khasnya merupakan sebagian besar kliennya.

“Dipuji sebagai mambabatok terakhir dari generasinya, dia telah menanamkan simbol-simbol suku Kalinga—yang menandakan kekuatan, keberanian, dan kecantikan—pada kulit ribuan orang yang telah berziarah ke Buscalan,” kata Vogue Filipina dalam sebuah postingan di media sosial.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*