Angka Kematian Anak Gegara Kecelakaan Lalu Lintas Tinggi, Hati-hati Saat Mudik Lebaran

Ilustrasi. Tip Anti Mabuk Saat Mudik (Ist)
Ilustrasi. Tip Anti Mabuk Saat Mudik (Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Angka kematian anak akibat cedera lalu lintas masih cukup tinggi. Maka, hati-hati saat mudik Lebaran nanti.

Kelalaian akibat tak menaati lalu lintas menjadi penyebab utama. Maka, upaya pencegahan harus semakin ditingkatkan, termasuk pencegahan kecelakaan lalu lintas selama perjalanan mudik Lebaran nanti.

BACA JUGA:

Dokter spesialis anak Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret/RS Umum Daerah Dr Moewardi Solo, Hari Wahyu Nugroho mengatakan, kecelakaan di jalan raya menempati peringkat ketiga terbanyak di dunia sebagai penyebab kematian pada anak dan remaja.

Peningkatan itu paling tinggi ditemukan pada anak usia 5-19 tahun. Kecelakaan lalu lintas juga masuk dalam 15 penyebab disabilitas pada usia anak dan remaja.

“Lebih dari 90 persen kecelakaan yang terjadi di jalan raya disebabkan oleh tidak dipatuhinya peraturan berlalu lintas. Jadi, ketidakpatuhan pada aturan lalu lintas menjadi penyebab awal dari kecelakaan,” ujar Hari Wahyu.

Penyebab kecelakaan lalu lintas

Mengutip data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Unicef, Hari Wahyu mengatakan, faktor lain yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas pada anak dan remaja, antara lain, kemampuan anak dan remaja dalam berkendara, regulasi lalu lintas anak yang belum memadai, sarana keselamatan berkendara yang terbatas, serta kepadatan lalu lintas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*