Hari Ini Raja Charles III Dinobatkan sebagai Raja Inggris, Ini Biografi Lengkapnya (Bagian 3)

Pangeran Charles
Pangeran Charles (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Hari ini Raja Charles III dinobatkan sebagai Raja Inggris. Berikut ini bagian ketiga kisah perjalanan hidupnya, yang diterjemahkan dari Belfast Telegraph.

Kredensial Hijau Charles Tidak Pernah Diabaikan

Meskipun sebagai seorang raja dia  tunduk pada aturan yang berbeda ketika harus menunjukkan sikap politik, hal itu tidak menghilangkan kampanye lingkungan hidup selama beberapa dekade yang telah dilakukannya.

Seorang pencinta lingkungan yang berkomitmen, Raja Charles memiliki sejarah panjang berbicara tentang isu-isu seputar hak konservasi dan perubahan iklim.

Pada tahun 1969, Pangeran Charles muda menulis sepucuk surat kepada Perdana Menteri Harold Wilson saat itu tentang penurunan stok salmon di sungai-sungai Skotlandia, berkomentar: ‘Orang-orang terkenal berpandangan pendek dalam hal satwa liar.’

BACA JUGA:

Sebelum ungkapan ‘pemanasan global’ diciptakan,  dia gigih menyerukan pendekatan hidup yang lebih seimbang dan berkelanjutan.

Dia berusia 21 tahun ketika memberikan pidato tentang lingkungan pada konferensi pedesaan di Cardiff pada tahun 1970  ketika dia memperingatkan tentang dampak kelebihan populasi, emisi gas, polusi — dan pemborosan plastik. Yang terakhir ini kita anggap biasa pada tahun 2023.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*