200 Beasiswa S2 dan S3 ke Universitas Oxford, Beasiswa Clarendon (Clarendon Fund Scholarship) 2024, Daftar di Sini

Ilustrasi: University of Oxford, Inggris. (KalderaNews.com/Ist.)
University of Oxford di Inggris (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Buat kalian yang tertarik untuk melanjutkan studi di Inggris, ada beberapa tawaran beasiswa yang bisa dipertimbangkan.

Salah satu yang patut diperhatikan adalah Beasiswa Clarendon (Clarendon Fund Scholarship) yang diberikan oleh Universitas Oxford untuk program studi S2 dan S3 di kampus tersebut.

Beasiswa ini termasuk salah satu yang terbesar di universitas dengan kuota 200 penerima setiap tahunnya. Beasiswa ini mencakup seluruh biaya studi.

Beasiswa Clarendon di Universitas Oxford menawarkan peluang kepada semua jurusan yang ada di Oxford, baik untuk program Magister maupun program doktoral (DPhil), serta dapat diikuti baik dalam program studi penuh waktu maupun paruh waktu.

BACA JUGA:

Jurusan yang Ditawarkan

  • Ilmu Humaniora: Seni; Studi Asia dan Timur Tengah; Klasik; Bahasa dan Sastra Inggris; Sejarah; Sejarah Seni; Program Interdisipliner; Linguistik, Filologi, dan Fonologi; Bahasa Abad Pertengahan dan Modern; Musik; Filsafat; Teologi dan Agama.
  • Ilmu Matematika, Fisika, dan Ilmu Hayati: Biologi; Kimia; Ilmu Komputer; Ilmu Bumi; Ilmu Teknik; Bahan; Institut Matematika; Fisika; Statistik.
  • Ilmu Kedokteran: Biokimia; Kedokteran Klinis; Ilmu Saraf Klinis; Psikologi Klinis dan Penelitian; Psikologi Eksperimental; Kedokteran; Ilmu Saraf; Onkologi; Ortopedi, Reumatologi, dan Ilmu Muskuloskeletal; Pediatri; Patologi; Farmakologi; Fisiologi, Anatomi, dan Genetika; Kesehatan Populasi; Ilmu Kesehatan Primer; Psikiatri; Ilmu Bedah; Kesehatan Wanita dan Reproduksi.
  • Ilmu Sosial: Antropologi dan Etnografi Museum; Arkeologi; Sekolah Bisnis; Ekonomi; Pendidikan; Geografi dan Lingkungan; Studi Global dan Daerah; Pemerintahan; Pembangunan Internasional; Institut Internet; Hukum; Politik dan Hubungan Internasional; Kebijakan Sosial dan Intervensi; Sosiologi.

Cakupan beasiswa ini meliputi biaya kuliah selama masa studi, tunjangan biaya hidup tahunan minimal £17,668 (sekitar Rp 340 juta) untuk menutupi biaya hidup selama berada di Oxford dan bagi peserta program paruh waktu, akan ada hibah untuk mendukung biaya lainnya.

Persyaratan dan Kriteria Seleksi

  • Terbuka untuk pelamar dari berbagai negara, termasuk Indonesia.
  • Menunjukkan kemampuan bahasa Inggris dengan skor IELTS minimal 7 (setiap komponen minimal 6,5), TOEFL iBT minimal 100 (Listening: 22, Reading: 24, Speaking: 25, Writing: 24), C1 Advanced minimal 185 (setiap komponen minimal 176), atau C2 Proficiency minimal 185 (setiap komponen minimal 176). Pada awal pendaftaran, bukti kemampuan bahasa Inggris tidak wajib dilampirkan. Namun, setelah diterima di program studi yang dituju, biasanya diperlukan skor bahasa Inggris.
  • Memenuhi persyaratan dan mengumpulkan dokumen yang diminta oleh program studi yang dipilih.
  • IPK minimal 3,70 dari skala 4,00 atau memiliki rekam jejak akademik yang baik. Jika ada, bisa mencantumkan sertifikat penghargaan universitas, publikasi, serta posisi dalam kelompok.
  • Kemampuan dalam bidang studi yang dilamar. Penilaian dilakukan melalui surat referensi, proposal penelitian, kemampuan penelitian, dan kontribusi yang potensial pada bidang studi yang dipilih.
  • Motivasi pelamar. Penilaian akan dilakukan berdasarkan komitmen pada bidang studi dan hasil dari pernyataan pribadi dan surat rekomendasi.

Cara Mendaftar

  • Calon pelamar dapat mendaftar ke program studi yang diinginkan di Universitas Oxford melalui tautan: Apply. Pilih program studi yang diinginkan dan baca persyaratan serta petunjuk pendaftarannya (persyaratan dapat bervariasi antara program studi).
  • Untuk dipertimbangkan dalam Beasiswa Clarendon, pelamar harus mendaftar program studi sebelum Desember atau Januari. Tidak ada formulir pendaftaran khusus untuk beasiswa ini, karena seleksi akan dilakukan oleh staf akademik program studi.
  • Hanya pelamar yang terpilih yang akan dihubungi oleh universitas melalui email. Jika tidak menerima pemberitahuan hingga Juni, artinya belum lolos seleksi Beasiswa Clarendon.

Informasi lebih rinci tentang Beasiswa Clarendon 2024 untuk kuliah di Universitas Oxford dapat ditemukan di situs resminya: www.ox.ac.uk/clarendon.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*