Puji Kebijakan Lulus Tanpa Skripsi, Putra Nababan: Lebih Sesuai dengan Kebutuhan Dunia Usaha

Menulis skripsi merupakan salah satu tahapan menantang dalam studi mahasiswa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Anggota Komisi X DPR RI, Putra Nababan, memberikan apresiasi terhadap kebijakan Mendikbudristek yang tidak lagi mengharuskan mahasiswa menyelesaikan skripsi sebagai syarat lulus.

Menurutnya, langkah ini merupakan bentuk kebebasan dalam proses belajar. Ia menekankan bahwa kampus-kampus sekarang dapat menentukan sendiri metode kelulusan yang sesuai bagi mahasiswa mereka.

“Menurut saya, ini sebenarnya adalah sebuah kebijakan yang memberikan keleluasaan kepada perguruan tinggi. Ini memberi kesempatan kepada mahasiswa bahwa skripsi bukan satu-satunya persyaratan untuk mencapai kelulusan dan menyelesaikan pendidikan tinggi,” ujarnya pada Kamis, 31 Agustus 2023.

BACA JUGA:

Ia a menambahkan bahwa kebijakan ini menarik karena dianggap lebih relevan dengan dunia industri dan bisnis. Kelulusan tanpa skripsi, katanya, lebih sesuai dengan kebutuhan dunia usaha.

Dalam berbagai bidang, katanya, lulusan yang memiliki pengalaman berbasis proyek (project based) lebih dibutuhkan daripada mereka yang hanya menyelesaikan skripsi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*