Tidak Paksa Anak Sempurna, Ini Cara Belajar TK dan SD Cikal Bandung!

TK-SD Cikal Bandung menghadirkan proses refleksi dan juga proses pengembangan diri anak di setiap fase tumbuh kembangnya
TK-SD Cikal Bandung menghadirkan proses refleksi dan juga proses pengembangan diri anak di setiap fase tumbuh kembangnya (KalderaNews/Dok. Cikal)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com, Sekolah Cikal telah membuka jenjang SDnya sejak 2022 lalu di kota Bandung. Dikenal sebagai sekolah yang menghadirkan cita-cita pembelajaran Kompetensi 5 Bintang Cikal, Sekolah Cikal Bandung berupaya untuk menghadirkan proses refleksi dan juga proses pengembangan diri anak di setiap fase tumbuh kembangnya.

Kepala Sekolah TK-SD Cikal Bandung, Dewi Winarningsih, menyebutkan bahwa dalam pembelajaran murid-murid telah ditumbuhkan pemahaman bahwa dalam proses belajar tentunya tidak selalu sempurna dan apabila salah dalam proses belajar, maka kunci dari perbaikannya adalah proses refleksi diri.

BACA JUGA:

Seperti apa cerita lengkap dari pembelajaran di TK-SD Cikal Bandung? Selengkapnya berikut ini.

Belajar Budaya dan Sejarah, Dorong Murid Cikal Bandung Pahami Tujuan Belajarnya

Dewi bercerita bahwa salah satu cerminan pembelajaran di jenjang TK-SD Cikal Bandung adalah taktala pagelaran Playground of Mataram, selebrasi pembelajaran murid yang dihubungkan dengan kebudayaan dan sejarah kerajaan mataram dari Jawa Tengah.

(Playground of Mataram, salah satu bentuk langkah Cikal Bandung tumbuhkan pemahaman kebudayaan dan sejarah bangsa dengan pendekatan pembelajaran yang berbeda. Dok. Cikal Bandung)

Di momen itu, para murid menghadirkan kegiatan pasar kliwon yang mendorong aktivitas jual beli dan pengumpulan donasi untuk pengembangan literasi sekolah-sekolah di Jawa Tengah dan juga penampilan teater Timun Emas.

“Selalu ada proses anak-anak berefleksi di dalam proses belajar di Sekolah Cikal Bandung. Misalnya ketika belajar budaya Jawa tengah, mereka selalu bisa kaitkan dengan keseharian. Kami sebagai pendidik tidak melihatnya hanya sebagai performance dan tidak targetkan kesempurnaan. kami melihat apakah anak-anak bahagia dan menikmati proses belajarnya. Behind their action di momen pasar kliwon, para murid itu berebut jualan saat itu, kenapa? karena mereka paham tanggung jawab dan tujuannya yakni untuk berdonasi ke teman-temannya di Jawa Tengah. itulah the power of comprehensive concept, cara belajar di Cikal” jelas Dewi.

Refleksi dalam Belajar, Sarana Murid Cikal Bandung Kenali Tantangan Belajar

Selain selalu mengetahui tujuan belajarnya sehingga menjadi semangat dan antusias, Dewi juga menceritakan bahwa dalam praktik keseharian murid-murid memiliki jurnal refleksi sebagai sarana mengenali dan memahami minat diri, pemahaman materi, dan tantangan belajar.

TK-SD Cikal Bandung menghadirkan proses refleksi dan juga proses pengembangan diri anak di setiap fase tumbuh kembangnya
TK-SD Cikal Bandung menghadirkan proses refleksi dan juga proses pengembangan diri anak di setiap fase tumbuh kembangnya (KalderaNews/Dok. Cikal)

“Di Sekolah, kita selalu tekankan bahwa making mistakes is okay, but you have to reflect. Jadi, 30 menit akhir sebelum pulang itu ada sesi refleksi. Para guru memantik anak untuk bercerita dan berbagi terkait proses belajar hari itu. Anak-anak jadinya happy dan menikmati proses belajar, mereka punya voices dan choices. Kita itu tidak mementingkan perfection of performance or the result. Utamanya adalah enjoy dalam proses belajarnya. Itulah yang membuat belajar di Cikal fun and meaningful.” tambahnya.

Personalisasi Persentasi Tugas, Dorong Murid Cikal Bandung Pahami Arti Proses Belajar

Selain refleksi dan memahami alasan belajar, di TK-SD Cikal Bandung, para murid ternyata juga diberikan ruang untuk membentuk media belajarnya sendiri dalam pengerjaan tugas belajar, misalnya membuat komik, menggambar dan lainnya.

“Di Sekolah Cikal selalu ada kesepakatan belajar, mau belajar apa lebih dulu? Kita pancing rasa ingin tahunya sehingga terdorong rasa ingin mendalami dan komitmen untuk belajarnya tanpa paksaan. Jika komitmen telah terbangun, pengembangan diri akan sejalan. Kami rasa keunggulan Cikal Bandung adalah kami mengajak murid untuk being reflective on their learning journey. Contohnya, ketika presentasi, anak-anak ada yang buat komik karena tidak suka menulis, atau belum bisa menuli. Dari pengerjaan itulah, mereka tahu proses belajarnya seperti apa dan bukan hanya hasil.” imbuh Dewi.

Tanyakan juga informasi lebih dalam Tentang Sekolah Cikal Bandung (Pendaftaran, Program, Kurikulum Cikal, Biaya Pendidikan di Sekolah Cikal Bandung) ke Cikal Support Center : https://bit.ly/cikalcs

Alamat Sekolah Cikal Bandung : Jl. Ranggamalela No.1, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*