7 Peluang Kerja Bagi Lulusan Psikologi




Ilustrasi: Peluang Lulusan Psikologi

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan psikologi menjadi salah satu program studi yang paling diminati calon mahasiswa. Psikologi merupakan program studi yang memiliki pendalaman ilmu beragam, seperti psikologi sosial, klinis, industri, kesehatan, dan yang lainnya. Prospek lulusan jurusan psikologi juga terbuka lebar. Apa saja ya? Yuk simak peluang kerja bagi lulusan jurusan psikologi berikut ini:

Psikolog/Asisten Psikolog
Pekerjaan memang identik dengan ilmu psikologi. Tugas dan tanggung jawab seorang psikolog amat beragam, tergantung jenis psikolog yang akan didalami. Peluangnya bias ditemukan di rumah sakit, klinik psikologi, biro psikologi, perusahaan, sekolah dan universitas, lembaga pemasyarakatan, dan lembaga pemerintahan, TNI dan Polri. Nah, jika ingin menjadi psikolog, kamu mesti melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana.

BACA JUGA:

Konselor
Menjadi konselor berarti membantu klien mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Konselor juga bekerja untuk mengarahkan klien agar mengambil keputusan-keputusan penting. Hampir sama dengan psikolog, seorang konselor juga memiliki banyak jenis, seperti konselor kesehatan, lembaga sosial, keluarga dan perkawinan, atau konselor di sekolah.

Pengajar
Dengan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan yang didapat, seorang sarjana psikologi tentu siap dan mampu mengajar, memberikan pelatihan, membimbing dan mengembangkan, mulai dari anak usia dini, anak berkebutuhan khusus, atau orang dewasa. Dengan menjadi pengajar, kamu memiliki peran langsung dalam pembentukan atau perubahan karakter seseorang.

Peneliti/Asisten Peneliti
Menjadi peneliti atau asisten peneliti juga menjadi salah satu peluang dari lulusan jurusan psikologi. Lulusan psikologi banyak dicari perusahaan dan lembaga-lembaga penelitian.

Staf atau Manajer Bidang Sumber Daya Manusia
Pekerjaan inilah yang mungkin paling banyak menyerap lulusan jurusan psikologi. Pekerjaan ini berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia di sebuah perusahaan, mulai dari proses rekrutmen, pelatihan, evaluasi, sampai merencanakan pengembangan kemampuan dan keterampilan tenaga kerja.

Fasilitator dan Motivator
Peluang menjadi fasilitator dan motivator bagi lulusan psikologi juga besar. Dengan kemampuan analisis kebutuhan, membuat modul, dan melaksanakan kegiatan pelatihan, lulusan psikologi dapat bekerja di kantor konsultan sumber daya manusia yang bergerak di bidang pelatihan dan pengembangan komunitas.

Administrator Tes Psikologi
Peluang ini juga banyak menyerap para sarjana psikologi. Pekerjaan ini memberikan layanan tes psikologi dengan beragam jenis dan tingkatan untuk perusahaan-perusahaan.

Nah, itulah beberapa peluang kerja bagi lulusan psikologi. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*