Dear Calon Mahasiswa, Inilah 4 Tip Jitu Memilih Jurusan Kuliah dari Ditjen Diktiristek

Ilustrasi: Inilah 10 jurusan kuliah yang paling favorit bagi pelajar SMA. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Inilah 10 jurusan kuliah yang paling favorit bagi pelajar SMA. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi kamu calon mahasiswa, apakah masih bingung menentukan jurusan kuliah? Memang tidak mudah memilih jurusan kuliah, karena akan menentukan masa depan kamu.

Tentu ada banyak sekali pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah. Mulai dari minat, kemampuan akademik, pendapat orang tua dan teman, serta yang lain.

BACA JUGA:

Nah, jika kamu masih bingung, inilah 4 tip jitu memilih jurusan dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi seperti dikutip dari akun Instagram @ditjen.dikti:

Pahami minat dan bakat yang dimiliki

Ketahui minat dan bakat kamu terlebih dahulu dengan mengenali potensi yang ada pada dirimu. Lalu bangkitkan motivasi untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan tujuan kamu.

Berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman

Diskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah dengan guru atau orang terdekat yang sudah memiliki pengalaman dan kapasitas yang dapat memberikan pendapat dari berbagai sudut pandang dan pengetahuan yang baru.

Lakukan riset

Ketahuilah sebanyak-banyaknya tentang jurusan incaranmu seperti bidang ilmunya, prospek kerja, rekam jejak alumni, dan sebagainya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*