Dear Pelajar SMA, Simak Alasan Terbaik Memilih Jurusan IPS Ini




Anak SMA dengan pakaian batik (KalderaNews/Ist)
Anak SMA dengan pakaian batik (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebagian orang menganggap memilih jurusan ketika di bangku SMA adalah hal sepelu. Padahal pemilihan jurusan saat SMA menjadi tonggal penentu untuk menentukan jurusan kuliah dan jalan menjalani karier pekerjaan nantinya.

Di SMA terdapat dua jurusan yang banyak digemari, yakni IPA dan IPS. Bila IPA merupakan jurusan ilmu sains, maka IPS merupakan jurusan ilmu sosial. Jurusan IPS banyak dikenal orang sebagai jurusan yang santai. Namun, sebenarnya tidak demikian.

BACA JUGA:

Memilih jurusan IPS bukan berarti kamu ingin santai saat di sekolah. Inilah alasan sesungguhnya dalam memilih jurusan IPS di saat belajar di bangku SMA.

Belajar ilmu komunikasi yang baik

Di kelas IPS, kamu akan dibeirkan banyak materi tenatng cara berkomunkasi dengan baik, car amemperhaitkan dan memahami lawan bicara atau cara mengenal kepribadian lawan bicara,

Memiliki prospek pekerjaan lebih banyak

Anak lulusan jurusan IPS akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan, karena banyak perusahaan yang mencari lulusan IPS. IPS jurusan ekonomi juga sangat dibutuhkan di instansi swasta maupun pemerintahan untuk jurusan akuntansi, perpajakan, dan manajemen.

Tidak banyak materi hitungan

Di kelas IPS tidak terlalu banyak materi yang menengangkan dan banyak pelajaran yang tidak ada hitungannya. Hal ini yang membuat jurusan IPS selalu menjadi pilihan bagi anak yang tidak suka berhitung.

Guru yang asyik

Anak-anak jurusan IPS biasanya adalah anak dengan kepribadian yang humoris dan tidak menyukai tekanan. Selain itu, karena pelajarannya disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan guru-gurunya selalu kocak dan asyik.

Lebih paham sejarah

Pelajaran satu ini akan membuat kita mempunyai jiwa sosial yang lebih tinggi. Selain lebih dapat menghargai jasa pahlawan bangsa, belajar sejarah juga membentuk jiwa kepemimpinan.

Lebih paham isu terbaru

Masuk jurusan IPS akan membantu kita untuk lebih cepat emmahami dan peka terhadap segala isu yang beredar saat ini, baik dari berita maupun dari lingkungan sekitar rumah dan sekolah. Di jurusan IPS kita diajarkan untuk cepat tanggal dalam menyelesaikan suatu masalah, belajar bagaimana menemukan solusi dari isu sehari-hari.

Kegiatan praktik sosial

Praktik sosial banyak dilakukan di jurusan IPS. Kegiatan ini akan membantu kita lebih menyerti bagaimana penerapan ilmu dan materi sosial yang pernah diajarkan langsung ke masyarakat.

Pelajaran yang seru

Selain guru yang menyenangkan di atas, jurusan IPS juga memiliki banyak pelajaran yang menyenangkan.

Ilmunya dapat diaplikasikan ke lingkungan

Beberapa materi pelajaran dari jurusan IPS dapat langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti misalnya ilmu akuntansi dapat dipakai untuk membantu catatan keuangan toko milik orang tua.

Peran di masyarakat

Sebagai pemuda di masyarakat kamu dapat berperan aktif karena umumnya organisasi kepemudaan di masyarakat membutuhkan generasi muda dengan latar belakang ilmu IPS.

Pesaing tidak banyak

Jurusan IPS ini biasanya tidak sebanyak jurusan lain. Oleh karena itu pesaing untuk dapat masuk ke jurusan ini pun tidak banyak. Berarti ini menjadi sebuah peluang baik bagimu untuk berprestasi dengan baik di jurusan ini.

Banyak pilihan jurusan saat kuliah

Banyak pilihan jurusan kuliah dengan latar belakang IPS yang dapat dipilih kelak. Hal ini sangat menguntungkan bagi kita yang mempunyai cita-cita bekerja di bidang ilmu sosial.

Anak IPS adalah calon pebisnis

Karena pelajaran yang menyenangkan dan asyik, di jurusan IPS juga akan diajarkan bagaimana mengelola sebuah usaha. Oleh karena itu anak IPS juga disebut juga calon pebisnis.

Memiliki pribadi yang baik

Di jurusan IPS kamu juga akan dilatih menjadi pribadi yang tangguh, baik, dan bertanggung jawab. Di jurusan ini pula kamu akan diberikan pemahaman lebih terhadap karakter sosial dan juga bagaimana cara bergaul dengan sesama.

Semua jurusan adalah baik bila kita serius dan sungguh-sungguh belajar. Yang pasti, dalam memilih jurusan, kita harus sesuaikan dengan bakat dan minat belajar kita.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*