Hai Anak SMA, Inilah Alasan Memilih Jurusan IPA yang Harus Kamu Ketahui




Anak SMA, SNMPTN
Anak SMA siap SNMPTN (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap orang mempunyai cita-cita. Jalan panjang untuk meraih cita-cita ini dapat dimulai sejak duduk di bangku SMA. Bukan saja di masa kuliah. Untuk itu, memilih jurusan IPA atau IPS menjadi penentu. Dari jurusan yang dipilih saat SMA, kelak kamu dapat memilih jurusan kuliah yang mendukung cita-citamu.

Di SMA, jurusan IPA merupakan jurusan yang mempelajari tentang sains atau yang biasa disebut ilmu eksak atau eksakta. Bila nantinya kamu ingin bekerja di bidang eksak, maka sejak SMA kamu dapat memilih jurusan ini.

BACA JUGA:

Namun, inilah alasan memilih jurusan IPA yang harus kamu ketahui. Simak ya, Gengs!

Dapat membuatmu berpikir logis

Pelajaran di jurusan IPA banyak berhubungan dengan logika, hal ini yang kemudian akan melatih siswa jurusan IPA dapat berpikir logis.

Banyak eksperimen

Saat belajara di kelas, jurusan IPA tidak melulu tentang hitungan atau berhitung, siswa jurusan ini akan mendapati eksperimen di beberapa mata pelajaran. Hal ini akan sangat mengasyikkan.

Banyak hitungan matematika

Jurusan IPA memang identik dengan jurusan berhitung. Namun, tidak hanya berhitung di pelajaran matematika saja. Ada pelajaran fisika dan kimia yang juga membuat kita melatih otak di bidang ini. Jurusan IPA sangat cocok bagi kamu yang menyukai hitungan.

Banyak lomba

Banyak lomba yang diselenggarakan pemerintah atau swasta di bidang IPA. Misalnya olimpiade matematika, fisika, kimia dan lain-lain. Kamu dapat mengikuti beragam lomba ini untuk mendapatkan prestasi dan menambah pengalaman.

Ilmunya bermanfaat untuk sehari-hari

Ilmu yang dipelajari di jurusan IPA sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, ilmu dari jurusan IPA dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Menjadi prioritas guru-guru

Anak jurusan IPA memang terkenal rajin, ramah, rapi, dan sopan. Selain pandai, hal-hal tersebut menjadi kesukaan bagi guru-guru hingga kepala sekolah.

Rasa ingin tahu yang tinggi

Anak IPA pada umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. setiap materi yang diberikan di kelas akan membuatnya memiliki pertanyaan-pertanyaan kritis di akhir pelajaran. Hal ini dapat mendorong mereka mencari tahu dan belajara lebih mendalam terhadap materi pelajaran yang diberikan oleh guru.

Cepat dapat kerja

Di dunia kerja, perusahaan akan lebih memilih calon pegawai yang dari lulusan IPA. Karena umumnya anak IPA memiliki skil berupa STEM yakni Science, Teknologi, Engineering, dan Math. Skil ini merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki sebagai calon pegawai. Hal ini yang menjadi pertimbangan mengapa banyak perusahaan mempertimbangkan latar belakang pendidikan dari IPA.

Lebih survive saat kuliah

Anak IPA yang mengambil jurusan kuliah IPA akan lebih bertahan dan tidak kesulitan dengan tekanan di bangku kuliah. Hal ini karena anak IPA sudah terbiasa menghadapi banyak tekanan sejak zaman sekolah. Misalnya tugas yang menumpuk, laporan praktikum, PR yang menggunung. Hal ini membuat anak lulusan IPA tidak akan terkejut saat kuliah. Sudah biasa menghadapi kondisi seperti itu.

Banyak pilihan jurusan kuliah

Saat akan mendaftar kuliah, akan banyak jurusan yang dapat dipilih bila kamu adalah anak lulusan IPA. Bahkan dimungkinkan kamu bisa memilih jurusan di luar IPA.

Banyak pilihan pekerjaan

Anak lulusan IPA mempunyai banyak pilihan karier setelah lulus nanti. Salah satunya adalah menjadi ahli biokimia dan biofisika, di balai konservasi tanaman atau hewan, ahli forensic, ahli geografi, dan lain-lain.

Semua jurusan di sekolah adalah baik. Selain itu, apapun jurusan yang akan atau telah dipilih harus dijalani dengan penuh rasa gembira agar selalu mendapatkan hasil yang optimal.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*