Dear Anak IPA, Inilah Jurusan Kuliah IPA yang Terbaik dan Menjanjikan Prospek Kerja

Ilustrasi: Inilah 10 jurusan kuliah yang paling favorit bagi pelajar SMA. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Inilah 10 jurusan kuliah yang paling favorit bagi pelajar SMA. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Buat kamu pelajar SMA yang telah masuk penjurusan IPA dan IPS, pasti jurusan pilihanmu ini telah kamu pilih sesuai bakat dan minat, bukan? Selain bakat dan minat tentu saja memilih jurusan saat SMA harus diselaraskan dengan cita-citamu kelak.

Setelah mempunyai angan-angan tentang cita-cita, pasti kamu nantinya akan memilih jurusan kuliah yang sesuai. Dan pemilihan jurusan kuliah ini pasti dimulai sejak SMA. Bila saat ini kamu telah berada di kelas IPA, maka kamu perlu mengetahui seluk beluk jurusan kuliah IPA.

BACA JUGA:

Inilah jurusan kuliah IPA terbaik dan menjanjikan prospek kerja yang harus kamu ketahui sejak di bangku SMA.

Teknik Sipil

Teknik sipil adalah salah satu jurusan yang banyak dicari oleh calon mahasiswa. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari dan membahas tentang perancangan, pembangunan, sampai pemeliharaan suatu bangunan dan fasilitas umum. Jurusan teknik sipil cocok bagi kamu yang senang mempelajari bangunan dan mengutak-atik rumus fisika.

Teknik Elektro

Perkembangan teknologi yang pesat membuat pekerja lulusan teknik elektro banyak dicari oleh beberapa industri. Di jurusan teknik elektro, kamu akan mempelajari komponen listrik dan alat-alat elektronika. Kamu membutuhkan keterampilan di bidang fisikan, logika, dan matematika agar bisa bertahan di jurusan ini.

Teknik Kimia

Di jurusan teknik kimia, kamu tidak hanya mempelajari kimia kamu juga mempelajari teknik reaksi kimia, operasi teknik kimia, termodinamika, dan materi lain yang berhubungan dengan fisika. Walaupun jurusan ini terbilang sulit untuk dipelajari, prospek kerjanya yang luas membuat jurusan ini salah satu bidang studi yang paling banyak dicari oleh calon mahasiswa.

MIPA (Matematika, Biologi, Kimia, Fisika)

Jurusan ini cocok bagi kamu yang ingin menjadi ahli dalam bidang MIPA sesuai pilihanmu. Kebanyakan calon mahasiswa yang memilih jurusan ini sudah mempunyai level pengetahun yang dalam di bidang pilihannya, jadi kamu harus lebih rajin dan giat.

Teknik Informatika

Teknik informatika adalah salah satu jurusan kuliah IPA yang pamor dan daya tariknya naik karena lulusannya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan komunikasi multinasional. Jurusan ini akan mempelajari struktur komunikasi melalui jaringan komputer.

Teknik Arsitektur

Jurusan ini cocok buat kamu yang mempunayi jiwa seni dan keahlian dalam matematika dan fisika. Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari desain, perencanaan, dan konstruksi bangunan dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang ada.

Desain Komunikasi Visual

Jurusan desain komunikasi visual menggabungkan seni rupa dengan teknik komunikasi. Di sini kamu akan mempelajari konsep komunikasi, kreatifitas, teknik dan media dengan menggunakan visual untuk menyampaikan pesan secara visual.

Agrobisnis

Jurusan ini mempunyai prospek kerja dan perkembangan yang bagus, melihat kondisi negara yang membutuhkan ahli-ahli untuk mengembangkan sektor pertanian. Jika kamu memilih jurusan ini, kamu akan mempelajari seluk beluk dari sektor pertanian dan cara mengembangkan bisnis di bidang ini.

Farmasi

Jruusan farmasi mempunyai prospek kerja yang luas dengan lulusannya biasanya bekerja di rumah sakit, apotek, atau di laboratorium kesehatan. Lulusannya juga bekerja di sektor industri lain seperti pembuatan kosmetik, dan lain sebagainya.

Kedokteran

Jurusan kuliah IPA ini mempunyai banyak sekali cabang, mulai dari kedokteran umum, gigi, dan hewan. Jurusan ini cocok bagi kamu yang suka belajar biologi dan bidang IPA lain.

Dari sepuluh jurusan kuliah dengan latar belakang IPA tersebut dapat kamu jadikan referensi bila masih bingung dalam menentukan jurusan. Semua jurusan sama baiknya, tetapi kamu juga perlu menyesuaikannya dengan bakat dan minat agar kamu menjalaninya penuh semangat dan dapat mencapai hasil yang maksimal.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*