Panduan Memilih Jurusan IPA, IPS, atau Bahasa di SMA, Agar Tidak Salah Jurusan




Siswa SMA (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Setelah lulus dari bangku SMP, lulusan SMP memerlukan panduan untuk memilih jurusan di SMA yang tepat. Sekolah di SMA memang berbeda dengan masa SMP. Di SMA terdapat jurusan yang tidak dijumpai di bangku SMP.

Pemilihan jurusan pada masa SMA ini dapat disesuaikan dengan cita-citamu. Karena nanti sedikit banyak jurusan yang kamu ambil di jenjang kuliah, dapat berdasarkan jurusan sejak SMA. Semua jurusan itu bagus. Hanya persepsi banyak orang saja yang merasa belajar IPS dan Bahasa jauh lebih mudah dibandingkan mempelajari di jurusan IPA.

BACA JUGA:

Kesuksesan seorang pelajar di bangku Sekolah Menengah Atas merupakan langkah awal kesuksesan di masa depan. Pilihan jurusan saat kuliah dapat dimulai dengan memilih jurusan yang tepat pada saat duduk di bangku SMA. Inilah panduan mudah memilih jurusan di SMA yang harus kamu pahami sejak dini.

Mengenali diri sendiri

Jangan pernah memilih jurusan karena ikut teman atau karena banyak peminatnya. Bila hal ini terjadi, membuktikan bahwa kamu tidak mengenali dirimu sendiri. Tidak mengenali bakat dan minat yang ada di dalam diri kita sendiri. Di kelak kemudian hari, hal ini akan membawa masalah besar karena tidak semua anak memiliki kapasitas, keahlian dan bakat yang sama.

Bila kamu atau temanmu masih bingung dengan minat dan bakat dirinya sendiri, salah satu acuan yang dapat dipakai adalah dengan melihat nilai-nilai mata pelajaran sebelumnya. Nilai dapat dijadikan salah satu referensi untuk memilih langkah selanjutnya.

Membuat perencanaan selanjutanya

Panduan kedua untuk memilih jurusan IPA, IPS, atau bahasa berikutnya adalah perlu mengetahui dunia perkuliahan atau rencana yang akan kamu ambl setelah lulus SMA. Sebisa mungkin pilihlah jurusan yang relevan dengan masa SMA.

Saat lulusan SMA telah memasuki perkuliahan, kebanyakan dari mereka bingung karena tidak mengetahui dasarnya. Oleh karena itu, jika kamu sudah memiliki cita-cita sejak kecil dan ingin terus mengejarnya, pilihlah jurusan SMA yang sesuai sejak sekarang. Misalnya bila kamu bercita-cita menjadi dokter, maka kamu harus masuk IPA dan kemudian masuk ke Fakultas Kedokteran.

Diskusikan dengan orang tua

Salah satu cara mendapatkan solusi adalah berdiskusi dengan orang tua atau kakak. Karena merela telah lebih dulu mengalami kebingungan yang sama, sehingga saat berdiskusi dengan mereka kamu akan mendapat pencerahan. Namun, pilihan tetap berada di tanganmu sendir, ya.

Buang mindset negatif

Banyak orang yang memiliki mindset negative terhadap salah satu jurusan. Misalnya menganggap jurusan IPA lebih unggul dibanding jurusan lain. Semua jurusan adalah baik bila kita bersungguh-sungguh. Oleh karena itu, hilangkan persepsi buruk atau negatif mengenai salah satu jurusan untuk menghasilkan pemikiran terbaik karena tidak melibatkan emosi.

Empat panduan singkat tersebut dapat kamu coba bila kamu masih kebingungan menentukan jurusan yang sesuai dengan cita-citamu. Jangan lupa ikuti terus laman di www.kalderanews,com untuk mendapatkan beragam trik dan panduan belajar. Semoga sukses!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*