Mau Kuliah di PTN? Inilah Jadwal Lengkap Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022




Anak SMA, SNMPTN
Anak SMA siap SNMPTN (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis jadwal dan tahapan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

BACA JUGA:

Jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi negeri (PTN) akan dilakukan melalui tiga jalur:

  • Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.
  • Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN.
  • Seleksi mandiri di mana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Kuota daya tampung setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20 persen dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Sementara, kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40 persen dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30 persen dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Saat pendaftaran siswa dapat memilih dua program studi paling banyak dua PTN. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih  satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun

Berikut Jadwal SNMPTN 2022:

  • Pembuatan Akun LTMPT: 4 Januari-15 September 2022
  • Sosialisasi PDSS:  1 Desember 2021-8 Februari 2022
  • Sosialisasi SNMPTN: 1 Desember 2021-28 Februari 2022
  • Launching Kegiatan PMB: 4 Januari 2022
  • Penetapan Siswa Eligible: 4 Januari-8 Februari 2022
  • Pengisian PDSS: 8 Januari-8 Februari 2022
  • Pendaftaran SNMPTN: 14 – 28 Februari 2022
  • Pengumuman Hasil SNMPTN: 29 Maret 2022

PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar.  PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS).

Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tak diperbolehkan mendaftar PDSS.

Untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama, PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap. Pengisian PDSS dilakukan sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*