Heboh, Inilah Sosok Belgian Malinois yang Bisa Menewaskan ART




Belgian Malinois
Ilustrasi: Belgian Malinois

JAKARTA, KalderaNews.com – Beberapa hari ini, ramai diberitakan seekor anjing ras Belgian Malinois yang menyerang asisten rumah tangga sampai tewas di bilangan Jakarta Timur. Ternyata, anjing tersebut juga melukai seorang anak yang akan menolong korban. Siapakah sebenarnya Belgian Malinois?

Belgian Malinois merupakan anjing dengan bentuk proporsional dalam keluarga anjing penggembala. Ia biasanya berwarna coklat kemerahan dengan moncong hitam. Yang jantan berukuran 61-66 sentimeter dan beratnya rerata 30 kilogram. Sementara yang betina memiliki ukuran 56-61 sentimeter dengan berat rerata 25 kilogram.

BACA JUGA:

Belgian Malinois juga memiliki karakter sangat energik dan aktif, sehingga kerap digunakan sebagai anjing penjaga, pelacak, atau penyelamat. Polri juga memilihnya sebagai pelacak alias K-9. Ketua Animal Defenders Indonesia, Doni Herdaru mengatakan, Belgian Malinois memiliki kecepatan untuk mendekati target. “Belgian Malinois memiliki daya serbu, daya rusak, dan intelijensi yang unggul dibandingkan jenis lain, seperti Golden Retriever, Labrador, Pitbull, atau German Shepherd. Di kalangan militer, Belgian Malinois dipilih lantaran mempunyai daya cepat yang mumpuni,” katanya. Doni menambahkan, sifat anjing itu akan terbentuk dari cara mendidiknya.

Lantaran keunggulan tersebut, US Secret Service juga memilih Belgian Malinois untuk menjaga Gedung Putih. Angkatan Udara Australia juga memilih Belgian Malinois sebagai anjing pelacak. Bahkan, Navy SEALs pun memakai jasa Belgian Malinois dalam Operasi Tombak Neptunus, di mana Osama bin Laden terbunuh. Anjing yang berumur rata-rata 10-12 tahun ini memang lazim digunakan di kalangan militer. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*