Inilah 5 Universitas di Tiongkok (China) dengan Mahasiswa Asal Indonesia Terbanyak




Kuliah di China (Tiongkok)

JAKARTA, KalderaNews.com – Selain ke Amerika, Australia, Eropa, Jepang dan Singapura, ternyata Tiongkok (China) menjadi salah satu destinasi studi para pelajar dan mahasiswa asal Indonesia.

Tak mengherankan kalau ungkapan “Tuntutlah ilmu hingga ke negeri Tiongkok” itu kini benar-benar nyata adanya. Menurut data yang dipublikasikan situs Kementerian Pendidikan RRT, pada 2018 saja ada 400.000 lebih mahasiswa asing dari 190-an Negara yang belajar di berbagai kampus di seluruh penjuru Tiongkok.

Adapun jumlah mahasiswa asal Indonesia sendiri diperkirakan ±15.000 orang, yang belajar di berbagai kampus di Tiongkok. Jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai Negara berperingkat ke-7 penyumbang mahasiswa asing di Tiongkok.

BACA JUGA:

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar RI di Beijing Yaya Sutarya menegaskan pada 2019 lalu sebanyak 820 WNI menerima beasiswa dari pemerintah China yang terdiri dari 380 pelajar S1 hingga S3 dan 440 orang di lembaga pendidikan kejuruan. Ditambah 1.100 WNI menerima beasiswa program kursus singkat.

Dengan adanya peningkatan jumlah peraih beasiswa tahun lalu, maka jumlah pelajar Indonesia di China juga turut terdongkrak menjadi 15.780 orang atau bertambah 1.420 orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Apalagi, total penduduk Indonesia per 2020 diperkirakan berjumlah lebih dari ±260 juta jiwa. Sudah tentu, makin banyak pula yang pergi keluar negeri untuk melanjutkan studinya.

Lantas ribuan pelajar dan mahasiswa asal Indonesia itu kebanyakan kuliah di kampus (universitas) mana saja? Berikut ini 5 universitas di Tiongkok (China) dengan jumlah banyak mahasiswa-mahasiswi asal Indonesia dengan merujuk pada situ tionghoa.info:

  1. Universitas Tsinghua/Tsinghua University (Ranking 17 Dunia)
    Kampus Negeri yang berdiri sejak 1911 ini memiliki hampir ±4.000 mahasiswa asing, termasuk di dalamnya mahasiswa-mahasiswi asal Indonesia. Lokasi kampus ini berada di bagian barat laut Beijing, Distrik Haidan.
  2. Universitas Peking/Peking University (Ranking 30 Dunia)
    Universitas Peking (PKU) terletak di 5 Yiheyuan Rd, Haidian Qu, China, 100871. Sebagai universitas pertama, PKU memegang peran penting dalam pergerakan intelektual di Tiongkok, dengan melahirkan banyak tokoh-tokoh Tiongkok berpengaruh, seperti Mao Zedong dan Perdana Menteri Tiongkok sekarang, Li Keqiang. Jumlah mahasiswa asing (termasuk mahasiswa Indonesia) di Universitas Peking berjumlah ±3.500 mahasiswa.
  3. University of Science and Technology of China (USTC) (Ranking 98 Dunia)
    Kampus berspesialisasi sains dan teknologi ini didirikan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok pada tahin 1958 di Beijing. Sesuai dengan namanya, USTC memiliki hubungan strategis dengan beberapa organisasi internasional, seperti International Thermonuclear Experimental Reactor (ITER), European Organisation for Nuclear Research (CERN), serta berpartner dengan beberapa universitas top dunia, seperti Oxford, Stanford, dan Princeton. Jumlah mahasiswa asing (termasuk mahasiswa Indonesia) ±700 mahasiswa.
  4. Universitas Zheijang/Zhejiang University (Ranking 68 Dunia)
    Universitas Zhejiang adalah salah satu institusi pendidikan tinggi tertua di Tiongkok sejak tahun 1897. Lokasi kampusnya di pusat Kota Hangzhou, Provinsi Zheijang. Peneliti dan pengajar ZJU berfokus pada hal-hal yang berdampak ke masyarakat luas, seperti teknologi kecerdasan buatan, teknologi perakitan pesawat, pengusahaan energi bersih dan terbarukan, dan lainnya. ZJU memiliki mahasiswa asing, termasuk mahasiswa Indonesia, berjumlah lebih dari 7.000 mahasiswa.
  5. Universitas Fudan/Fudan University (Ranking 44 Dunia)
    Lokasi kampus ini di Kota Shanghai. Universitas Fudan adalah salah satu kampus bergengsi di Tiongkok daratan. Universitas ini terletak di 220 Handan Rd, Wu Jiao Chang, Yangpu Qu, Shanghai Shi, China. Berdiri pada tahun 1905, beberapa tahun sebelum akhir kejatuhan sistem Kekaisaran Tiongkok, Fudan University adalah lembaga perguruan tinggi yang didirikan oleh orang Tionghoa pribumi, yaitu Ma Xiangbo, yang dikenal sebagai pengajar aliran modern. Mahasiswa asing (termasuk yang berasal dari Indonesia) berjumlah lebih dari 7.000 mahasiswa.

Selain itu, terdapat juga beberapa universitas lain yang menjadi rujukan para mahasiswa-mahasiswi asal Indonesia, seperti Shanghai Jiao Tong University (peringkat 68 dunia) dan Beijing Normal University. (AC)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*