PKN STAN Tidak Buka Pendaftaran, Tahun 2020 Ini Bukan yang Pertama Kali

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)
Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kicauan akun resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) di @kempanrb terkait pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2020 benar-benar membuat milenial patah hati, melo dan ambyar, pasalnya salah satu poinnya menyebutkan kalau PKN STAN tidak membuka pendaftaran pada 2020 ini. Alhasil, PKN STAN pun trending topic di jagat Twitter pada Kamis ini.

Disebutkan Kementerian Keuangan yang mengelola PKN STAN berdasarkan Surat Nomer: S-75.1/MK.1/2020 tanggal 23 Maret 2020, Pada tahun 2020 memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran.

KalderaNews pun menelusuri update terkini portal resmi PKN STAN, yang terupdate pada 30 April 2020 tertulis Informasi Penting SPMB PKN STAN 2020 yang berisi imbauan terkait SPMB PKN STAN 2020 berikut ini, “Bagi kalian yang sedang mencari informasi terkait pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN Tahun 2020, silakan menunggu pengumuman resmi dari KemenPAN-RB, atau pantau terus website dan media sosial resmi PKN STAN, BPPK dan Kementerian Keuangan.”

BACA JUGA:

Sementara itu, kicauan terkini di akun resmi PKN STAN @pknstanid memuat tanggapan terkait surat yang beredar seperti ini, “Hai Staners 👋 Sehubungan dengan beredarnya surat yang memuat informasi mengenai SPMB PKN STAN 2020, bersama ini kami sampaikan bahwa PKN STAN belum dapat memberikan pernyataan resmi terkait hal tersebut.”

Ada pula kicauan lainnya, ” Halo Staners, bagi kalian yang sedang mencari informasi terkait pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN Tahun 2020, silakan menunggu pengumuman resmi dari KemenPAN-RB, atau pantau terus website dan media sosial resmi PKN STAN, @bppkkemenkeu dan @kemenkeuri “

Terkait dengan PKN STAN yang tidak membuka pendaftaran pada 2020 ini, sebenarnya ini bukan kali pertama. Pada 2012 lalu, PKN STAN juga tidak membuka pendaftaran.

Seperti dikicaukan @scoobybydoo melalui Thread PKN STAN berikut ini:

Sudah bukan rahasia umum, kalau PKN STAN pernah tidak membuka pendaftaran pada tahun 2012. Penyebab tidak adanya USM STAN pada saat itu, karena adanya moratorium pegawai negeri sipil atau PNS.

Moratorium ini membatasi penerimaan pegawai negeri sipil atau PNS termasuk dari STAN. (STAN sebelum berubah menjadi PKN STAN sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015)

Jadi, alasan yang sedang ramai diperbincangkan bahwa PKN STAN tidak membuka pendaftaran pada tahun 2020 sesuai Surat KemenpanRB ya hampir sama seperti yang sudah disampaikan di atas. Intinya, kita sebagai peserta harus mengikuti aturan yang sudah diterapkan oleh penyelenggara, meskipun itu membuat kecewa, sedih, apapun itu.

Hanya saja yang perlu ditekankan, bahwa Kementerian Keuangan sebagai induk dari kampus PKN STAN berhak mematok jumlah kebutuhan pegawai setiap tahunnya

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




1 Comment

  1. Harus bijak.dong jgn cuma.bisa.melarang penerimaan mahasiswa STAN berikan solusi misalnya di.seleksi dengan melakukan pembatasan nilai rapor matematikan minimal nilai 90 pasti.peserta.tidak akan banyak yg daftar…moga bisa jadi solusi…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*