Dear Class of 2020, Begini Pesan Inspiratif BTS untuk Angkatan 2020

Ilustrasi: Pesan BTS dalam Dear Class 2020. (Ist.)
Ilustrasi: Pesan BTS dalam Dear Class 2020. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Group K-Pop, BTS ikut berpartisipasi dalam “Dear Class of 2020” di YouTube. Tayangan ini digelar untuk merayakan kelulusan seluruh angkatan 2020 di dunia. Angkatan ini tentu tak bisa merayakan kelulusan, lantaran pandemi global Covid-19.

Tujuh personel BTS tampil dengan setelan jas hitam. Mereka pun menyampaikan pidato untuk para siswa-siswi yang lulus tahun ini, secara virtual. Dalam tayangan, BTS mengambil tempat di Museum Nasional Korea di Seoul.

BACA JUGA:

Masing-masing personel BTS pun bergiliran memberikan pesan kepada para siswa dan siswi dalam bahasa Inggris dan Korea.

“Sebagai individu yang juga berusia 20-an dari Seoul, Korea Selatan, aku ingin mengucapkan selamat. Kami ikut bersemangat menyambut apa yang menanti di masa depan kalian,” ungkap RM membuka pidato dan memberikan ucapan selamat dalam bahasa Inggris kepada angkatan 2020.

“Di mana pun dan sejauh apa pun kalian, kami berharap cerita kami hari ini bisa memberikan ketenangan, harapan, dan mungkin sedikit inspirasi,” lanjut dia.

“Jujur, kami masih tidak yakin dan bisa tenang ketika hendak berbicara. Persis seperti kala kami meninggalkan sekolah saat malam kelulusan. Banyak yang mengatakan kami telah mencapai banyak hal. Tapi kami sesungguhnya tak berbeda dengan orang-orang yang berusia 20 tahunan di luar sana. Masih canggung menatap kenyataan,” ucapnya.

Sementara, Kim Nam-joon mengatakan, “Ketakutan akan masa depan dalam kehidupan sehari-hari merupakan waktu untuk menyadari hal-hal yang membuat saya menjadi diri sendiri.”

Senada, Suga juga menyatakan turut gelisah saat menghadapi isolasi mandiri di tengah pandemi, sama seperti anak-anak muda pada umumnya. Sehingga, ia menyemangati lulusan 2020 untuk tetap bermimpi besar dan tetap bisa mengendalikan diri sendiri.

“Satu orang kecil bisa memimpikan hal besar, melukiskan gambaran besar dan membuat semua kemungkinan terjadi. Kita akan menghadapi banyak situasi di luar jangkauan kita. Satu-satunya yang bisa kendalikan adalah diri sendiri,” tutur Suga.

Kim Tae-hyung alias V juga mengisahkan upayanya menggapai mimpi. Ia menyatakan tak pernah terlahir dengan talenta menyanyi atau menari yang baik. Tetapi, hal itu ia peroleh setelah belajar dan mengembangkan hasrat menyanyi dan menari dengan tekun. “Keberuntungan dan peluang pasti akan tersedia bagi lulusan 2020 meski sedang menghadapi kesulitan saat ini,” tutur V.

Tak ketinggalan, Jin juga turut memberikan semangat kepad angkatan 2020. Katanya, “Kadang aku merasa lelah melihat teman-temanku sudah melangkah jauh melebihiku. Mencoba menyamai kecepatan mereka membuatku kesulitan bernapas. Kemudian aku menyadari, langkahku dan mereka berbeda.”

“Hal yang membuatku bisa bertahan kala itu adalah janji yang kubuat pada diriku sendiri: perlahan-lahan. Aku akan melangkah dengan kecepatanku sendiri, dengan yakin. Sejak saat itu aku terbiasa untuk memberikan waktu lebih kepada diriku sendiri. Jika kalian merasa ragu-ragu, atau merasa tertekan, jangan buru-buru. Ambil napas dalam-dalam,” pesannya.

Tagar #ThankYouBTS pun merajai daftar trending Twitter hari ini. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*