Di Era Digital, Guru SD Wajib Kuasai 5 Keterampilan Ini

Guru dan murid di kelas, Sekolah termahal di Jakarta, Sekolah mahal Jakarta,
Guru dan murid di kelas (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Para guru Sekolah Dasar (SD), kini menghadapi tantangan. Mereka dituntut mampu mengajar generasi digital native yang telah akrab dengan jaringan internet dan berbagai jenis teknologi sejak lahir.

BACA JUGA:

Nah, untuk mengimbangi karakteristik siswa digital ini, para guru SD wajib memiliki sejumlah keterampilan tertentu. Pengajar yang menguasai lima skill digital ini akan bisa mengajar dengan lebih kreatif dan percaya diri, serta mampu mengimbangi para siswa masa depan.

Membuat media pembelajaran menarik

Selain materi belajar, media pembelajaran juga memegang peran penting untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Maka, guru SD di era digital dituntut memiliki keterampilan menciptakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, misal membuat media visual berupa diagram atau infogram, media audio semacam Podcast atau audio books, atau media audio-visual seperti video pembelajaran.

Memanfaatkan media sosial

Media sosial sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan bagi siswa SD, terutama mereka yang tinggal di perkotaan. Pada umumnya, mereka menghabiskan sebagian besar waktu luang di rumah untuk menjelajahi media sosial.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*