Di Era Digital, Guru SD Wajib Kuasai 5 Keterampilan Ini

Guru dan murid di kelas, Sekolah termahal di Jakarta, Sekolah mahal Jakarta,
Guru dan murid di kelas (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Para guru Sekolah Dasar (SD), kini menghadapi tantangan. Mereka dituntut mampu mengajar generasi digital native yang telah akrab dengan jaringan internet dan berbagai jenis teknologi sejak lahir.

BACA JUGA:

Nah, untuk mengimbangi karakteristik siswa digital ini, para guru SD wajib memiliki sejumlah keterampilan tertentu. Pengajar yang menguasai lima skill digital ini akan bisa mengajar dengan lebih kreatif dan percaya diri, serta mampu mengimbangi para siswa masa depan.

Membuat media pembelajaran menarik

Selain materi belajar, media pembelajaran juga memegang peran penting untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Maka, guru SD di era digital dituntut memiliki keterampilan menciptakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, misal membuat media visual berupa diagram atau infogram, media audio semacam Podcast atau audio books, atau media audio-visual seperti video pembelajaran.

Memanfaatkan media sosial

Media sosial sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan bagi siswa SD, terutama mereka yang tinggal di perkotaan. Pada umumnya, mereka menghabiskan sebagian besar waktu luang di rumah untuk menjelajahi media sosial.

Nah, untuk mengimbangi karakteristik siswa yang sudah mengenal media sosial itu, maka guru harus mampu beradaptasi. Guru wajib memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan siswa untuk menciptakan hubungan dengan siswa di luar kelas.

Menggunakan search engine untuk mencari materi

Kini, materi pembelajaran yang tersedia banyak dan beragam di jaringan internet. Maka, guru SD harus terampil menggunakan search engine untuk mencari dan memilih konten terbaik yang bisa mendukung aktivitas belajar.

Menciptakan game-based learning

Menciptakan game-based learning dengan mengajak siswa belajar sekaligus bermain adalah keterampilan lain yang harus dimiliki guru SD. Pembelajaran yang dipadukan dengan aktivitas bermain bisa menstimulasi siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis yang diperlukan di jenjang pendidikan berikutnya. Nah, jenis games yang dimainkan saat sesi pembelajaran juga harus memiliki tujuan yang mendukung kemampuan berpikir tersebut.

Mampu berbahasa asing

Bahasa asing juga menjadi elemen penting dalam pendidikan di era digital, termasuk di jenjang pendidikan dasar. Maka, guru SD juga wajib beradaptasi dengan perkembangan global yang bisa menciptakan pembelajaran bersifat bilingual.

Guru SD harus menguasai keterampilan bahasa Inggris dasar agar bisa menjalankan pembelajaran yang lebih beragam. Kemampuan ini juga bisa digunakan saat mencari konten atau menyusun media untuk mendukung kegiatan belajar.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*