Pakar University of Twente Ajari Early Warning System Staf Kementerian PUPR

Sharing for Empowerment


JAKARTA, KalderaNews.com – Nuffic Neso Indonesia kembali menyerahkan beasiswa StuNed Tailor-Made Training (StuNed-TMT) dari Pemerintah Kerajaan Belanda untuk staf Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan skema 3 minggu pelatihan ke Negeri Kincir Angin.

Total 15 peserta training dengan topik “Integrating Operation of Landslide Modules within Early Warning System Platform with Forecast Data” yang diberangkatkan itu akan mendapat pembekalan dari para pakar di Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation (ITC), University of Twente, Enschede, Belanda.

Pelatihan yang telah dimulai sejak 18 September lalu, dan direncanakan akan berlangsung sampai 06 Oktober yang akan datang itu tidak hanya mengikutsertakan para peneliti dan teknisi dari beberapa Balai Litbang terkait di jajaran Kementerian PUPR, namun juga melibatkan pihak akademisi yang memiliki relevansi yang sangat kuat serta akan sangat membantu pencapaian hasil yang ingin diraih dari training tersebut, yaitu pemahaman mendalam untuk pengembangan konsep serta penerapan sistim peringatan dini kebencanaan di Indonesia.

Pelaksanaan pelatihan yang di-initiate oleh Balai Litbang SABO; sebagai salah unit pelaksana teknis Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air ini, merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah Belanda untuk pembangunan Indonesia. Program ini sendiri masuk sebagai salah satu sektor prioritas dari kebijakan hubungan kerjasama pembangunan antar kedua negara, khususnya untuk bidang Air (Water). 

Dengan keunikan konsep pelatihan yang dimiliki StuNed-TMT, yang merupakan salah satu modalitas beasiswa StuNed, training tersebut telah di-design secara khusus oleh pihak ITC selaku pelaksana training agar sesuai dengan kebutuhan institusi pengaju. Tidak hanya konsep sebagai teori dasar untuk pengembangan sistim peringatan dini kebencanaan yang akan dipelajari di Belanda, pelatihan dimaksud juga akan memfasilitasi staf terkait untuk kunjungan lapangan dan melihat langsung bagaimana penerapan sistim tersebut di Belanda. (JS)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*