Apa Itu Demensia? Masak Sih Kamu Belum Tahu?

Sharing for Empowerment


JAKARTA, KalderaNews.com – Demensia adalah istilah untuk menggambarkan kondisi penurunan fungsi otak yang bersifat progresif dan menghambat seseorang melakukan aktivitas sehari-harinya (mandi, makan, berpakaian, berjalan, dll) secara mandiri. Penurunan fungsi otak ini dapat berupa gangguan daya ingat, kemampuan berbahasa, pembuatan keputusan dan persepsi, ataupun perubahan perilaku.

Demensia disebabkan oleh berbagai jenis gangguan atau penyakit pada otak. Jenis demensia yang paling umum adalah Alzheimer. Selain Alzheimer, terdapat pula berbagai jenis demensia lainnya, seperti demensia vaskular, Parkinson atau Lewy Body, frontotemporal, dan masih banyak lagi.

Orang dengan demensia (ODD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang yang hidup dengan demensia. Istilah-istilah ‘penderita’ atau ‘korban’ sebaiknya dihindari untuk mengurangi stigma negatif terhadap ODD.

Pada tahun 2015, diperkirakan ada 46.8 juta orang di dunia yang hidup dengan demensi. Dua per tiganya berada di negara berkembang. Jumlah ini terus meningkat seiring dengan bertambahnya penduduk usia lanjut di dunia, sehingga diperkirakan pada tahun 2050, jumlah orang dengan demensia (ODD) di dunia akan mencapai 131.5 juta orang, dengan sekitar 90 juta di antaranya berada di negara berkembang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*