Duh, Tingkat Pengetahuan Masyarakat Akan Gejala Demensia Sangat Rendah

Sharing for Empowerment

Sebagai peneliti senior dalam tim STRiDE, Dr. Yuda juga menjelaskan peran STRiDE dalam menjawab tantangan-tantangan tersebut. Proyek penelitian yang akan berlangsung selama empat tahun hingga tahun 2021 ini akan mendukung implementasi Rencana Aksi Nasional Demensia.

Langkah kerja sama ini merupakan bagian dari perhatian Unika Atma Jaya pada kebijakan publik.  Unika Atma Jaya memiliki Institute of Public Policy (IPP) yang mengarusutamakan penelitian kebijakan publik di Indonesia.

Sementara itu, Prof. Dr. drg. Tri Budi W. Rahardjo, M.S, peneliti yang menjabat sebagai Direktur Centre of Ageing Studies Universitas Indonesia (CAS) sejak 2010  menjelaskan, respon terhadap masalah demensia ini bukan hanya terkait kesiapan layanan diagnostik, namun juga membutuhkan peningkatan kualitas perawatan jangka panjang untuk peningkatan kualitas hidup pada ODD

Selanjutnya, dr. Nugroho Abikusno, MS, DrPH dari InResAge Universitas Trisakti, yang juga adalah anggota tim ahli Komnas Lansia RI (2004-2016), menyampaikan berbagai kebijakan terkait lansia dan tantangan yang perlu dihadapi dalam mewujudkan Indonesia ramah lansia dan demensia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*