Batu, De Kleine Switzerland di Pulau Jawa

Tempat Wisata di Batu Malang
Panorama Bukit Panderman di Batu dari sebuah hotel (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

BATU, MALANG, KalderaNews.com – Konon orang Belanda di Indonesia yang sedang kangen keindahan Swiss yang ada di benua Eropa biasa mengobati rasa rindunya dengan menyepi ke Kota Batu di Malang, Jawa Timur. Tak mengherankan, kini Kota Batu begitu tersohor dengan julukan Swiss Kecil di Pulau Jawa atau dalam bahasa Belandanya De Kleine Switzerland (Swiss Kecil) di Pulau Jawa.

Tergerak untuk menikmati pesona Kota Batu yang kesejukan dan keelokannya termasyur hingga ke mancanegara ini, kami pun meluncur menuju Kota Batu di Jawa Timur. Mirip perjalanan pada tahun-tahun lalu dari Siegburg/Bonn (Jerman) ke Zurich (Swiss), kami menempuh jalur darat Jakarta-Malang dengan kereta bernama Matarmaja.

Perjalanan darat antar provinsi ini cukup lama (18 jam-an), dibandingkan jarak antar negara Bonn (Jerman)-Zurich (Swiss) yang hanya 5 jam 43 menit dengan DB (Deutche Bahn) yang kini seharga sekitar 39 Euro.

BACA JUGA:

Tiba pagi hari di Kota Malang, kami langsung menuju ke Kota Batu. Kota Malang begitu panas, namun begitu taksi yang membawa kami mencapai jalan menanjak mendekati Kota Batu, hawa sejuk menerpa wajah dari celah kaca pintu mobil yang dibiarkan terbuka.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*