Revolusi Industri 4.0: SDM Tidak Hanya Pintar, Tapi Juga Harus Berkarakter

Revolusi Industri 4.0: SDM Tidak Hanya Pintar Tapi Juga Berkarakter
Peserta didik SMK mengikuti ujian (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Dewi Sartika menegaskan revitalisasi kurikulum dan kemitraan dengan berbagai perusahaan menjadi solusi untuk mempersiapkan lulusan SMK agar benar-benar siap menghadapi revolusi industri 4.0.

Kemitraaan dilakukan berkaitan dengan digitalisasi sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, salah satu contoh kemitraan adalah dengan Amazon.

Pihak kemitraan adalah pihak yang melakukan perencanaan dan pengarahan tentang digitalisasi. Pelatihan dan pendampingan dilakukan secara gratis untuk guru.

Di Jawa Barat sendiri akan ada beberapa sekolah yang diberi pembinaan dan pendampingan. Selain itu, Kadisdik Jabar juga mengatakan, yang terpenting adalah bagaimana menyiapkan sumber daya manusia yang tidak hanya pintar akan tetapi berkarakter.

“Jadi, bagaimana sebetulnya menyiapkan sumber daya manusia ke depan, agar tadi kita dipersiapkan revolusi industri 4.0. Ini pastinya akan berdampak kepada emotional quotient (kecerdasan emosional) anak-anak,” ujarnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*