Inilah Hasil Angket Ujian Nasional (UN) SMP/MTS 2019

UNBK SMP/MTS 2019
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTS 2019 (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada UN 2019 Kmendikbud memberikan angket yang telah diisi oleh siswa, guru, maupun kepala sekolah. Sebanyak 682.603 siswa dari 14.796 sekolah (33% dari populasi sekolah UNBK) sebagai responden angket UN di jenjang SMP/MTs.

Hasil angket tersebut memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang aspek kognitif yang menjadi determinan capaian UN. Pengisian angket dilakukan secara sukarela di hari terakhir UN.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Totok Suprayitno menjelaskan angket hasil UN ini dapat dijadikan landasan pembuatan kebijakan, khususnya oleh pemerintah daerah.

BACA JUGA:

“Kita memberikan rekomendasinya, nanti yang mengeksekusi kabupaten/kota/provinsi. Sudah saatnya kebijakan berdasarkan evidence, bukan selera,” terangnya.

“Tahun depan kita lengkapi, mudah-mudahan lebih komprehensif. Sehingga suara siswa lebih terdengar oleh kita,” tambah Totok.

Pada angket UN 2019 siswa diminta menjawab latar belakang pendidikan ayah, ibu, serta kuantitas kepemilikan barang di rumah. Terdapat 24,3% dari total responden angket UN yang capaian UN-nya tinggi berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi lemah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*