Kamu Punya Prestasi, Simak Cara Mendaftar PPDB 2019 DKI Jakarta Jalur Prestasi!

Ilustrasi: Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) 2019 DKI Jakarta
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) 2019 DKI Jakarta jalur prestasi jenjang SMP dan SMA resmi dibuka hari ini, Senin (17/6/2019) mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Proses pendaftaran dan verifikasi berkas dilakukan di sekolah tujuan sampai 19 Juni 2019 pukul 14.00 WIB.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta memberikan kuota 5 persen di setiap sekolah bagi siswa berprestasi. Dari jumlah itu, sekolah wajib menyediakan maksimal 20 persen kuota bagi siswa berprestasi di kejuaran yang digelar berjenjang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Sementara, 80 persen untuk siswa berprestasi di kejuaran diadakan berjenjang oleh instansi pemerintah dan atau Induk Organisasi Cabang Olahraga, Seni, Budaya, dan Pramuka.

Menurut laman resmi PPDB DKI Jakarta, inilah cara mendaftar PPDB 2019 melalui jalur prestasi:

  • Calon peserta didik baru menyerahkan berkas ke sekolah tujuan berupa surat keterangan prestasi sekolah asal, fotokopi sertifikat kejuaraan atau lomba, dan menyerahkan sertifikat aslinya, disertai biodata, fotokopi Rapor (untuk SD/MI: Kelas IV, V dan VI semester 1, untuk SMP/MTs: Kelas VII, VIII, dan IX semester 1), Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Peserta UN.
  • Berkas persyaratan PPDB tersebut diverifikasi dan diinput ke dalam sistem oleh panitia di sekolah tujuan.
  • Setelah diverifikasi dan diinput sebagaimana oleh panitia di sekolah tujuan, calon siswa mendapatkan bukti verifikasi dari panitia di sekolah.

BACA JUGA:

Nah, berikut cara memilih sekolah tujuan:

  • Calon peserta didik baru hanya dapat memilih satu sekolah tujuan untuk jenjang SMP; satu peminatan atau kompetensi keahlian untuk jenjang SMA/SMK atau satu Sekolah Rujukan Olahraga.
  • Sekolah Rujukan Olahraga merupakan sekolah negeri yang ditetapkan Kepala Dinas Pendidikan sebagai sekolah yang mengembangkan cabang olahraga tertentu.
  • Jika calon peserta didik baru tak diterima di sekolah tujuan, maka dia dapat mendaftar di sekolah lain selama masih tersedia kuota. Formulir pendaftaran jalur siswa berprestasi dapat diunduh melalui tautan berikut: https://berkas.siap-ppdb.com/jakarta/juknis.190530052442.pdf

So, itulah tata cara pendaftaran dan memilih sekolah melalui jalur prestasi. Selamat mencoba! (yp)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*