Lulusan IPB Wajib Sejahterakan Petani dan Nelayan

IPB
Ilustrasi: IPB
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro mendorong lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk memperbaiki model bisnis dari sektor pertanian di Indonesia.

Model bisnis yang inovatif diharapkan dapat membuat sejahtera para alumni Sekolah Bisnis IPB, petani, maupun nelayan di Indonesia.

“Berdasarkan data kemiskinan di Indonesia saat ini, data terakhir dari 9,4% itu setara sekitar 25 juta penduduk di Indonesia masih miskin. Mayoritas dari 25 juta penduduk itu adalah mereka yang dikategorikan sebagai petani dan nelayan,” tegasnya di acara National Seminar Rebooting Business Mindset towards VUCA WORLD dalam rangka Pelepasan Alumni Tahun 2019 Sekolah Bisnis-Institut Pertanian Bogor di Grand Ballroom Pullman Hotel Jakarta, Sabtu, 2 November 2019.

BACA JUGA

Meskipun petani dan nelayan ini adalah mayoritas pekerja yang ada di Indonesia, tetapi mereka juga adalah mayoritas dari kelompok miskin. Dan ini merupakan tantangan bersama terutama civitas akademika IPB dan para alumni serta Sekolah Bisnis IPB yaitu bagaimana kita menyejahterakan dan mengeluarkan mereka dari kemiskinan tidak dengan model hanya sekedar mengandalkan bantuan pemerintah, tetapi dengan model bisnis yang coba diciptakan dan dilakukan di lapangan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*