Dika, Penerima Beasiswa Bidikmisi Raih Emas Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional




Dika Andri Pradana (tengah) bersama Rektor UNY (kiri). (Ist.)
Dika Andri Pradana (tengah) bersama Rektor UNY (kiri). (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Dika Andri Pradana, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih penghargaan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) untuk lomba penelitian yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Dika mendapatkan penghargaan bersama tim Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (PKM UNY). Ia berhasil meraih emas kategori presentasi, sekaligus perak dalam kategori poster tingkat nasional di Bali.

BACA JUGA:

Tim PKM UNY terdiri atas Dika, Anggraini Riandani, Dwi Larasati, Teguh Bangun Satria, serta Sukarno. Mereka mengajukan karya bertajuk “Gerjo Edu-Eco Wisata sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Gunungkidul”. Mereka mengambil lokasi penelitian di Padukuhan Gerjo, Grogol, Paliyan, Gunungkidul melalui pelatihan pengelolaan desa wisata.

“Kami memilih melakukan penelitian di Padukuhan Gerjo, karena dilatarbelakangi keinginan warga untuk pengembangan sektor pariwisata,” kata Dika yang juga peraih beasiswa Bidikmisi ini. Mereka melakukan pelatihan seperti, penggalian dan pengembangan potensi desa, pengelolaan desa wisata, menjadi pemandu wisata, hingga mempromosikan desa wisata. Sasaran mereka generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna Sentana Muda.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa mengapresiasi prestasi Dika dan kawan-kawannya. Ia berharap, ilmu pengetahuan yang dimiliki mahasiswa terus dikembangkan untuk mengangkat derajat dan martabat keluarga maupun masyarakat secara luas. “Sebagai bentuk apresiasi, kami memberikan laptop kepada Dika agar dapat dipergunakan dengan baik,” kata Sutrisna. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*