8 Ide Unik Bagi Milenial Rayakan Hari Kartini di Masa Pandemi Covid -19

Sharing for Empowerment

6. Baca buku Kartini.
Apakah kamu sudah pernah membaca buku Habis Gelap Terbitlah Terang? Sebuah survei tahun 2017 di tiga kota (Kupang, Makassar dan Surabaya) menunjukkan hampir semua kalangan muda yang diwawancarai tidak pernah membaca karya-karya Kartini atau buku tentang dia. Jika kamu senang berkontemplasi dan menikmati saat-saat pribadi dalam keheningan, saatnya kini mengenali Kartini dari karya-karyanya. Bacalah buku-buku tentang dia. Barangkali mulailah dengan membaca Habis Gelap Terbitlah Terang, bila belum pernah membacanya.

7. Gratiskan masker atau gratiskan sesuatu.
Seorang pengusaha fesyen di Lampung, Dina Tarawinda, menggunakan momen Hari Kartini dengan menggratiskan masker bagi setiap pembelian produknya. Bila kamu bergerak di dunia bisnia, gagasan ini menarik untuk merayakan Hari Kartini. Ini menunjukkan kepedulian pada masalah yang dihadapi bangsa, sama seperti Kartini peduli pada persoalan yang dihadapi rakyatnya.

8. Bikin lomba meme untuk mengapresiasi jasa Kartini.
Ada banyak ide yang bisa dilombakan. Kartini memiliki spektrum perjuangan yang luas. Misalnya, membuat meme yang bertema melawan stereotip perempuan sebagai mahluk yang lemah, sehingga hanya cocok untuk pekerjaan-pekerjaan domestik saja. Ide lomba juga dapat berupa menonjolkan kemajuan-kemajuan di bidang pendidikan yang telah membuka kesempatan lebih luas kepada kaum perempuan. (SM)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan di-share pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*