Keren Nih, Mahasiswa Unmuh Surabaya Buat Alat Sterilisasi Uang

Dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Surabaya membuat alat sterilisasi uang. (Dok. Unmuh)
Dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Surabaya membuat alat sterilisasi uang. (Dok. Unmuh)
Sharing for Empowerment

SURABAYA, KalderaNews.com — Dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Surabaya berhasil membuat kotak sterilisasi uang otomatis dengan menggunakan sinar ultraviolet. Dengan alat, kontak langsung antara pembeli dengan penjual bisa dihindari, dan bisa menghilangkan virus atau bakteri yang menempel di uang.

BACA JUGA:

Dua mahasiswa itu adalah Iman Ramadhan dan Putri Widia. Mereka memanfaatkan sensor servo untuk membuka dan menutup secara otomatis setelah uang dimasukkan ke dalam alat. Lantas, uang akan di-screening menggunakan sinar ultraviolet selama 15 detik untuk membunuh virus maupun bakteri, yang menempel di permukaan uang.

Iman Ramadhan mengaku, ide pembuatan alat ini berawal dari kekhawatiran mereka terhadap penyebaran Covid-19 melalui uang, karena kerap berpindah tangan. Uji coba terhadap alat ini telah dilakukan. Misal dengan cara mencelupkan uang ke cairan akuades, lalu sampel air diambil untuk diamati dengan mikroskop. Alhasil, uang bersih tanpa ada bakteri maupun virus.

Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Surabaya pun mendukung karya ini dan berencana memproduksi alat ini agar dapat dibagikan ke pemilik warung dan toko klontong di kawasan Surabaya. (yp)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*