BMKG Belum Punya Bukti Kuat Suhu dan Kelembapan Memengaruhi Penyebaran Covid-19

Mendung di Langit Jakarta
Mendung di Langit Jakarta (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Beberapa penelitian awal menyatakan bahwa penyebaran penyakit Covid-19 ikut dipengaruhi oleh kondisi suhu dan kelembapan udara Indonesia yang beriklim tropis dengan suhu dan kelembapan tinggi.

Peneliti dari Pusat Informasi Perubahan Iklim Kedeputian Klimatologi BMKG, Supari, PhD mengatakan korelasi antara suhu dengan kasus Covid-19 sangat mungkin disebabkan oleh sifat alami suhu yang meningkat seiring musim bersamaan dengan meningkatnya kasus Covid-19 karena proses menyebarnya virus semakin meningkat pada Maret hingga April 2020).

Hal ini ditegaskannya di acara web seminar (webinar) membahas Iklim, Kualitas Udara dan Lingkungan Pada Masa Pandemi Covid-19, Jumat, 12 Juni 2020.

Hadir selaku narasumber yakni Guru Besar Departemen Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Prof. Dr. Ir. Syafrudin, MT, CES yang membahas terkait “Kondisi lingkungan pada kondisi pandemic Covid-19”, Kedeputian Klimatologi BMKG Pusat Informasi Perubahan Iklim, Supari, PhD yang membahas “Faktor Iklim dalam kasus Covid-19 di Indonesia”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*