Imbas Pandemi Covid-19, Begini Kata Peneliti Sosial LIPI

Sharing for Empowerment

Sementara, Rusli Cahyadi dari Pusat Penelitian Kependudukan LIPI menyatakan bahwa perlu ada hubungan yang sinkron antara pemerintah pusat dan daerah. “Dari hasil kajian penelitian terkait mobilitas dan transportasi, ada potensi kepatuhan atau disiplin dalam masyarakat untuk mengikuti aturan-aturan yang dibuat pemerintah,” ujar Rusli.

Menurutnya, potensi kepatuhan dan keterlibatan masyarakat itu sering dikacaukan narasi yang bertolak belakang yang sering dikemukakan pejabat pemerintah. Dari survey yang pernah dilakukan, data menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyatakan mereka punya pengetahuan terhadap kelompok rentan dan orang dengan tanpa gejala. “Intinya, pengetahuan para responden terhadap penyakit ini, kemudian kekhawatiran menjadi faktor mereka membatalkan untuk mudik,” ujarnya.

Sedangkan Peneliti Pusat Peneliti Kependudukan LIPI, Deny Hidayati memaparkan hasil survey tentang pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan dampaknya terhadap ketahanan masyarakat. Survei ini dilakukan secara daring pada 3-12 Mei 2020 dengan total valid responden sebanyak 919 orang berusia 15 tahun ke atas di wilayah PSBB DKI, Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*