Imbas Pandemi Covid-19, Begini Kata Peneliti Sosial LIPI

Peneliti Sosial LIPI; Siti Zuhro, Rusli Cahyadi, dan Deny Hidayati. (repro: y.prayogo/KalderaNews.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Pandemi Covid-19 berimbas pada kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan, serta politik di berbagai negara. Profesor Riset Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan, pandemi ini telah mengubah pola hidup masyarakat.

BACA JUGA:

“Dalam keadaan seperti ini, warga masyarakat tentunya mengharapkan adanya petunjuk yang jelas berupa kebijakan-kebijakan yang mudah dipahami dan mengikat semua, sehingga kita mempunyai kepastian dalam melaksanakan protokol kesehatan,” paparnya dalam webinar bertajuk “Talk To Scientists: Fenomena PSBB, New Normal, dan Mobilitas dalam Kajian Sosial”, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kebijakan yang diberlakukan harus betul-betul sinkron antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, karena pengguna kebijakan itu ujung-ujungnya adalah untuk rakyat. “Karena penggunanya rakyat, tentu yang harus dipikirkan adalah kemanfaatan sebesar-besarnya bagi rakyat,” urai dia.

Dalam masa pandemi ini, kata Siti Zuhro, para peneliti turut memberikan respon berupa kontribusi kegiatan penelitian serta pemikiran. “Ada pembelajaran berharga yang harus digarisbawahi. Semua harus bekerjasama, bahu-membahu melibatkan masyarakat. Kata kuncinya adalah pelibatan masyarakat,” katanya. Kata kunci lainnya adalah membuat masyarakat cerdas, masyarakat yang sadar bahwa kebersihan itu luar biasa penting.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*