Katakan pada Ibu Jangan Malu Dibilang Bawel

Eben E. Siadari adalah alumni Advanced Course for Practical Journalism, Thomson Foundation, Cardiff Wales, bekerja sebagai penulis dan trainer kepenulisan, buku karyanya antara lain Esensi Praktik Menulis (2019), tinggal di Jakarta.
Sharing for Empowerment

Oleh Eben E. Siadari *

JAKARTA, KalderaNews.com – Banyak anak mengenang ibu sebagai sosok bawel di masa kecil, untuk kemudian menyadari kasih sayang di balik itu setelah dewasa. Apakah kamu salah satu di antaranya?

Di masa Pandemi COVID-19 ketika kamu harus belajar di rumah, acap kali kebawelan ibu semakin terasa. Dari berbagai pemberitaan di media massa terungkap berbagai fenomena semakin seringnya muncul ‘drama’ di antara anak dan orang tua dalam menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Anak-anak yang belajar di rumah merasa dikontrol terlalu dalam oleh orang tua. Jika di masa normal kontrol terhadap pembelajaran hanya dilakukan oleh guru di dalam kelas, kini bertambah oleh orang tua, khususnya ibu, yang bisa mengamati langsung suasana kelas daring.

Di sisi lain, banyak orang tua harus berusaha keras beradaptasi dengan peran barunya sebagai ‘pembimbing’ PJJ. Adaptasi seringkali harus dijalani dengan kejutan-kejutan yang tidak perlu. Termasuk perselisihan paham dengan anak bahkan guru.

BACA JUGA:




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*