Mantap Nih, Kamera DSLR dan Mirrorless Bisa Disulap Jadi Webcam

Ilustrasi: Kamera DSLR dan mirrorless kini bisa diubah menjadi webcam. (Ist.)
Ilustrasi: Kamera DSLR dan mirrorless kini bisa diubah menjadi webcam. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com– Gaes, jika kamu pemilik kamera DSLR atau mirrorless besutan pabrikan Nikon dan Canon, sekarang bisa dipakai sebagai pengganti webcam. Sehingga bisa digunakan untuk video conferencing atau live streaming.

Tapi untuk merek Nikon, kamu mesti memakai aplikasi Nikon Beta Webcam Utility (versi 0.9.0) yang baru dirilis, hal itu bisa dilakukan tanpa butuh capture card terpisah. Kualitas video kamera DSLR dan mirrorless tentu lebih tinggi dibanding kebanyakan webcam.

BACA JUGA:

Inovasi Nikon ini mengikuti jejak pabrikan kamera lain, seperti Canon, Fujifilm, serta Panasonic yang telah lebih dulu merilis aplikasi serupa untuk produk kameranya.

Nikon Beta Webcam Utility memungkinkan pengguna menghubungkan kamera ke komputer lewat port USB. Lalu, tinggal pilih fitur “Webcam Utility” sebagai sumber video di aplikasi telekonferensi atau live streaming untuk menampilkan gambar tangkapan kamera.

Tetapi, tak semua kamera Nikon bisa dipakai sebagai webcam dengan utility ini. Nikon Beta Webcam Utility kompatibel dengan semua model mirrorless pabrikan Nikon, termasuk model terbaru seperti Z5. Selain itu juga untuk DSLR NikonD6, D850, D780, D500, D7500, dan D5600. Model DSLR entry-level D3500 tak masuk daftar kompatibilitas, pun dengan kamera saku dari jajaran Coolpix.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*