Inilah 5 Fakta Unik Hari Kunjung Perpustakaan yang Diperingati 14 September

Sharing for Empowerment

Perpustakaan sekolah kurang layak
Fakta ini juga unik. Jumlah perpustakaan sekolah memang banyak, namun koleksi dan sarananya masih jauh dari memadai. Kondisi ini tentu membuat minat baca peserta didik untuk berkunjung dan membaca di perpustakaan makin berkurang. Apalagi kini, muncul gawai yang bisa jadi pesaing perpustakaan.

Perpustakaan banyak, minat baca rendah
Indonesia memang memiliki perpustakaan yang banyak, tetapi minat baca masyarakat masih tergolong rendah. Rupanya jumlah perpustakaan tak linier dengan minat baca masyarakat. Atau mungkin minat orang Indonesia baru di taraf mengoleksi buku, belum sampai membacanya.

Masuk program prioritas nasional
Kata orang, buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, jendela-jendela pengetahuan akan terbuka lebar. Aneka peluang pun bisa segera diraih. Inilah yang kemudian menempatkan perpustakaan sebagai sarana membuka jendela dunia pengetahuan menjadi salah satu program prioritas nasional.

Beberapa rencana strategis yang sedang dan akan dilaksanakan antara lain membangun perpustakaan di beberapa lokasi di Indonesia, perpustakaan keliling dan membuka akses membaca berbagai literatur melalui website resmi Perpusnas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*