Inilah 5 Fakta Unik Hari Kunjung Perpustakaan yang Diperingati 14 September

Ilustrasi: Fakta unik Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati 14 September. (Ist.)
Ilustrasi: Fakta unik Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati 14 September. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu pasti tahu perpustakaan dong! Ya tempat di mana banyak menyimpan buku dan menjadi sarana untuk membaca buku. Kamu sering ke perpustakaan?

Tapi tahukah kamu, bila bahwa di Indonesia ada perayaan Hari Kunjung Perpustakaan?

BACA JUGA:

Ya, peringatan Hari Kunjung Perpustakaan itu jatuh tiap 14 September. Nah, seperti apa fakta-fakta unik seputar peringatan Hari Kunjung Perpustakaan, simak yuk!

Dicanangkan 1995
Hari Kunjung Perpustakaan diperingati semenjak tahun 1995. Peringatan itu berdasar surat Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 020/A1/VIII/1995 pada 11 Agustus 1995 kepada Presiden RI, Soeharto. Rupanya, Soeharto menaruh perhatian kepada perpustakaan juga, lantas meresmikannya pada 14 September 1995.

Pada saat yang sama, bulan September juga ditetapkan sebagai bulan Gemar Membaca. Hal ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Perpustakaan sekolah paling banyak
Indonesia ternyata memiliki banyak perpustakaan. Hampir setiap daerah memiliki perpustakaan daerah. Pun hampir di seluruh sekolah ada perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) mencatat ada lebih dari 164 ribu perpustakaan di Indonesia. Dari jumlah itu, perpustakaan sekolah yang paling banyak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*