Waspada Tsunami Setinggi 20 Meter, Duh, Sistem Peringatan Dini di Selatan Pulau Jawa Masih Minim

Ilustrasi Tsunami
Ilustrasi Tsunami (Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hasil riset Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait potensi tsunami setinggi 20 meter akan terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa. Tsunani ini sendiri akibat dari potensi gempa besar megathrust di jalur sepi gempa atau seismic gap di Samudera Indonesia tepatnya di Selatan Jawa.

Hasil riset berjudul “Implications for megathrust earthquakes and tsunamis from seismic gaps south of Java Indonesia” yang dirilis Nature.com pada Kamis pekan lalu, 17 Sepetember 2020 menyebutkan bahwa kemungkinan besar tsunami sangat besar terjadi dengan ketinggian maksimum 20.2 meter di dekat pulau-pulau kecil sebelah selatan Banten dan 11.7 meter di Jawa Timur.

Laporan ilmiah tersebut ditulis 11 peneliti dari berbagai kampus dan institusi dalam dan luar negeri. Mereka adalah S. Widiyantoro (Global Geophysics Research Group, Faculty of Mining and Petroleum Engineering, Institut Teknologi Bandung dan Faculty of Engineering, Maranatha Christian University, Bandung), E Gunawan (ITB), dan A Muhari (BNPB).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*