Dialah Keumalahayati, Laksamana Wanita Pertama di Indonesia Asal Aceh

Keumalahayati, perempuan dan pejuang tangguh yang memimpin 2000 pasukan para janda di Aceh (KalderaNews/Ist)
Keumalahayati, perempuan dan pejuang tangguh yang memimpin 2000 pasukan para janda di Aceh (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Keumalahayati merupakan pejuang perempuan asal Aceh yang membentuk dan memimpin armada Inong Balee atau janda yang ditinggal syahid oleh suaminya. Ia menjabat pada masa pemerintahan Sultan Al Mukammil antara tahun 1585 sampai 1604.

Menurut buku Pahlawan “Wanita Muslimah dari Kerajaan Aceh yang Melegenda” karya Muhammad Vadestra, bahwa Keumalahayati mendapatkan kepercayaan menjadi panglima atau laksamana karena berhasil memimpin pertempuran sengit pada armada laut.

Masih ada fakta lain Keumalahayati yang belum diketahui oleh banyak orang. Apa sajakah?

BACA JUGA:

Laksamana Wanita Pertama di Dunia

Berdasarkan tahun menjabatnya, Keumalahayati menerapkan emansipasi jauh sebelum negeri Eropa dan Kartini menggembor-gemborkan. Ia geram ketika tahu suaminya meninggal dalam perang Teluk Haru di tangan prajurit Portugis. Ia segera meminta izin sultan Aceh untuk membentuk pasukan yang terdiri dari janda perang.

Sultan mengabulkan permintaannya dan Keumalahayati memimpin 2000 pasukan yang diberi julukan Armada Inong Balee. Pasukan janda meminta tuntutan kepada pasukan Portugis atas kematian suami mereka. Dengan kejadian tersebut, Ia merupakan laksamana wanita pertama di dunia dan Indonesia dalam sejarah angkatan laut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*